Berita Daerah

Mulai Banyak Pria di Kotamobagu Beralih dari Kondom ke Vasektomi

Mulai Banyak Pria di Kotamobagu Beralih dari Kondom ke Vasektomi Berita Daerah Berita Kotamobagu
Kroniktotabuan.com
Mulai Banyak Pria di Kotamobagu Beralih dari Kondom ke Vasektomi Berita Daerah Berita Kotamobagu

Aljufri Ngandu

KOTAMOBAGU– Vasektomi adalah kontrasepsi bedah untuk pria dengan cara memutus saluran spermanya. Lelaki yang melakukan vasektomi secara permanen tidak bisa menghamili perempuan yang berhubungan dengannya.

Di Kotamobagu, ternyata sudah mulai banyak pria yang melakukan kontrasepsi tersebut. Dari data yang dirilis Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP-KB), sepanjang 2017 lalu sebanyak 19 orang pria di Kotamobagu telah divaksetomi.

“Ber-KB itu tidak hanya untuk wanita saja. Tapi untuk pria juga bisa selain menggunakan kondom, yakni dengan vasektomi. Per Desember 2017, tercatat 19 pria yang sudah melakukan vasektomi,” ujar Kepala Dinas PP-KB Kotamobagu, Aldjufri Ngandu, Senin (19/2/2018).

Mantan Kabag Humas ini menjelaskan, dengan melakukan vasektomi, pria masih terus memproduksi sel benih dari buah zakar. Hanya saja karena salurannya diputus tidak bisa keluar bersama ejakulasi.

“Sel-sel benih itu akan diserap lagi oleh tubuh dan tidak membahayakan kesehatan. Vasektomi juga tidak mempengaruhi hormon testosteron,” ¬†ucapnya.

“Ini melibatkan pemotongan dan mengikat mati saluran sperma. Namun karena operasi kontrasepsi ini bersifat permanen, maka pria yang ingin melakukannya harus sudah benar-benar yakin tidak ingin memiliki anak lagi dan tidak akan berubah pikiran,” katanya. (rza)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top