----
Berita Terkini / News / Opini / Yasti dan Rencana Besar untuk Rakyat Bolmong
Opini

Yasti dan Rencana Besar untuk Rakyat Bolmong

Yasti dan Rencana Besar untuk Rakyat Bolmong Opini

Yasti dan Rencana Besar untuk Rakyat Bolmong Opini

Abdul Bahri Kobandaha

Kepala daerah dengan gaya berfikir sekelas menteri adalah kata yang bagi saya pribadi sangat pantas disematkan kepada Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) periode 2017- 2022, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow.

Sejak dilantik pada 22 Mei 2017 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.71-3144 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan Bupati Bolaang Mongondow, Yasti terus melakukan berbagai gebrakan sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas janji pada rakyatnya saat proses Pilkada lalu.

134 hari (2 Mei- 3 Oktober) menjabat sebagai bupati banyak keberhasilan yang diberikan dan mampu merubah wajah Bolmong menjadi baru ditorehkan. Geliat pembangunan infrastruktur jalan sampai ke lorong-lorong desa, perbaikan disiplin ASN, peningkatan pelayanan kesehatan, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada APBD Perubahan tahun 2017 sebesar 75 persen, lobi pembangunan bandar udara baru hingga perbaikan pada sektor perikanan, perkebunan, pertanian, terlihat jelas sebagai jalan menuju Bolmong hebat yang sudah terbuka lebar akan terwujud.

Kiprahnya sebagai mantan politisi Senayan, membuat gaya kepemimpinanya sangat berbeda dengan kepala daerah lainya di Bolmong Raya (BMR). Saya melihat pemikiranya visioner berkelas menteri, santun dan ideologis, tegas dalam aturan, berkarakter memimpin, dan menghargai sebuah karya berprestasi demi kepentingan rakyat. Mungkin ini adalah bagian kecil dari hal yang saya pahami tentang Bupati Yasti.

Jika ada yang beranggapan terlalu pagi menilai kinerja seorang Bupati Bolmong saat ini, maka penilaian saya sudah ada sejak Yasti bertekad menjadi pemimpin dan berkomitem memajukan daerah demi kepentingan umat dan bangsa.

Yasti memang layak menjadi pemimpin Bolmong dua periode. Banyak hal bisa disandarkan rakyat di pundaknya. Salah satunya adalah cita-cita istimewa rakyat BMR menjadikan lima daerah (Bolmong, Boltim, Bolsel, Bolmut dan Kotamobagu) sebagai Provinsi baru di wilayah Timur Indonesia.

Pemikiranya untuk melakukan pembinaan karir ASN dengan merit system, optimalisasi penerapan e-goverment (e-planning, e-budgeting, e-procurement, e-monev dan e-data base), adalah sebuah pemikiran solutif untuk kondisi Bolmong saat ini. Peningkatan dan percepatan layanan publik

Akan halnya program peningkatan kapasitas usaha bagi pengusaha kecil menengah, pengembangan dan peningkatan pasar tradisional, stabilisasi harga komoditi pertanian dan perkebunan peningkatan promosi dan kerjasama investasi di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, pertambangan, peningkatan sarana dan prasarana jalan akses ekonomi, pengembangan badan usaha milik daerah/badan usaha milik desa yang profesional, juga merupakan konsep yang dapat mendorong kemajuan sektor ekonomi.

Program pencetakan sawah baru dan peningkatan sarana dan prasarana irigasi dan pengairan, peningkatan produksi pertanian melalui bantuan bibit yang berkualitas kepada petani, peningkatan alat tangkap dan teknologi perikanan untuk nelayan, sebuah jati diri Bolmong yang dikenal sebagai sentra pertanian Indonesia Timur.

Menjadikan pelabuhan Labuan Uki sebagai gerbang arus barang kawasan BMR, penataan ibu kota kabupaten serta pemukiman pedesaan, peningkatan infrastruktur jalan,perumahan/pemukiman,pariwisata,dan sarana publik lainnya, percepatan pembangunan dan penyelesaian bandar udara, peningkatan sarana dan prasarana transportasi masyarakat, adalah langkah pendekatan dan pelayanan terbaik.

Pendidikan gratis untuk SD, SMP, dan SMA, beasiswa untuk mahasiswa melalui program anak asuh pemerintah daerah dan kerjasama  dengan perguruan tinggi ternama di Indonesia, adanya bantuan seragam untuk anak sekolah, peningkatan kualitas tenaga pendidik, adalah komitmennya memajukan dunia pendidikan.

Penyediaan puskesmas rawat inap, peningkatan akses dan percepatan pelayanan kesehatan dalam bentuk layanan bergerak dan penambahan tenaga medis juga tetap akan terpenuhi bagi masyarakat Bolmong di 200 desa, 2 kelurahan, 15 Kecamatan.

Dengan dasar itu semua, saya sangat yakin tahun 2018 mendatang, akan ada kejutan istimewa bagi rakyat Bolmong yang akan dipersembahkan Bupati Yasti dari sisi pelaksanaan program pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Yang pasti Bolmong akan hebat dan rakyat sejahtera. (*)

*Penulis adalah Pemuda Tanoyan Selatan, Kecamatan Lolayan.

To Top