----
Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu isra mi'raj nabi Muhammad S.A.W
Berita Terkini / News / Daerah / PUPR Segera Normalisasi DAS
Daerah

PUPR Segera Normalisasi DAS

PUPR Segera Normalisasi DAS Daerah Kotamobagu
PUPR akan antisipasi banjir seperti ini di Kotamobagu dengan mengeruk drainase yang dangkal.

KOTAMOBAGU–  Banjir lumpur serta luapan air yang belakangan ini terjadi di beberapa kelurahan dan desa mendapat perhatian serius Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotamobagu.

Normalisasi sungai dan pengerukan drainase segera dilakukan. Pendangkalan sungai dan drainase disebut menjadi penyebab utama terjadi banjir lumpur dan luapan air.

DAS dan drainase di Kelurahan Sinindinan, Kecamatan Kotamobagu Timur dan Drainase di Kelurahan Upai, Kecamatan Kotamobagu Utara diprioritaskan ditangani saat ini. Pasalnya, hujan deras mengguyur selama sepekan terakhir telah mengakibatkan luapan air di DAS Sinindian dan menimbulkan genangan yang berpotensi banjir. Sedangkan di Upai, pendangkalan drainase menjadi penyebab banjir lumpur yang terjadi baru- baru ini.

“Normalisasi sungai dan drainase langkah awal yang kami lakukan. Nanti setelah ini dilakukan, akan dievaluasi apakah perlu penanganan lain untuk mencegah luapan air dan lumpur atau tidak,” kata Kepala Dinas PUPR Kotamobagu, Sande Dodo, di kantornya, Jumat (23/2/2018).

Khusus untuk DAS Sinindian, Sande mengungkap, luapan air di sini bisa menimbulkan banjir di kelurahan tersebut dan Kelurahan Kotamobagu. Masalah di sini selain pendangkalan, juga dikarenakan tidak berfungsinya pintu air yang dibangun sejak tahun 1996 ini.

Sedangkan drainase di Kelurahan Upai yang menyebabkan banjir lumpur, Sande menyebut, hanya karena pendangkalan dan bisa diatasi dengan pengerukan material seperti pasir, batu, sampah dan lumpur di dalam drainase.

“Kalau DAS Sinindian, selain normalisasi, kami juga akan meminta PU Provinsi Sulawesi Utara melakukan perbaikan pintu air. Sebab ini masuk kewenangan mereka.  Upaya mencegah terjadinya  luapan air dan lumpur terlebih musim penghujan terus kami lakukan,” katanya. (zha)

 

To Top