----
Berita Terkini / News / Berita Hukum & Kriminal / Awas! Pencurian Marak Saat Buka Puasa dan Jelang Sahur
Hukum

Awas! Pencurian Marak Saat Buka Puasa dan Jelang Sahur

Awas! Pencurian Marak Saat Buka Puasa dan Jelang Sahur Hukum
Ilustrasi

HUKRIM– Polres Bolmong memprediksi angka kriminalitas meningkat selama puasa hingga lebaran. Kepolisian mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap aksi kejahatan yang sering terjadi selama Ramadan.

“Memang dari tahun ke tahun tren kejahatan pada Ramadan selalu menunjukkan peningkatan. Untuk itu kita mengimbau masyarakat untuk waspada,” kata Kapolres Bolmong, AKBP Gani Fernando Siahaan, Jumat (18/5/2018).

Gani mengatakan, kerawanan pada saat Ramadan biasanya terjadi pada saat buka puasa dan menjelang sahur.

“Karena pada jam-jam begitu, orang-orang sibuk menyiapkan buka puasa dan sahur, sehingga tidak mengontrol gerak gerik para pelaku pencurian ini,” ujarnya.

Guna mengantisipasi hal itu, pihaknya akan meningkatkan pengamanan dan pengawasan pada jam dan titik-titik kerawanan tertentu. Di samping itu, kegiatan patroli juga terus ditingkatkan.

“Sejumlah kejahatan yang harus diwaspadai masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran di antaranya pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan. Untuk itu masyarakat kita imbau untuk selalu waspada dan sesegera mungkin melaporkan jika terjadi kasus pencurian,” ujarnya.

“Untuk kendaraan, sebisa mungkin diparkir di tempat aman dengan posisi terkunci baik. Sementara untuk rumah, perlu dipakaikan CCTV atau saat hendak salat tarawih harus diperiksa terlebih dahulu dan dikunci dengan baik,” tutupnya. (rza)

To Top