Advertorial

Di Hadapan Gubernur, Wabup Yanny Paparkan Empat Program Prioritas Pemkab Bolmong di Tahun 2019

Di Hadapan Gubernur, Wabup Yanny Paparkan Empat Program Prioritas Pemkab Bolmong di Tahun 2019 Advertorial
Kroniktotabuan.com

Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow (Bolmong), Yanny Ronny Tuuk, menghadiri Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) pelaksanaan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018 Kabupaten/Kota se- Provinsi Sulawesi Utara, bertempat di Grand Kawanua Convention Center Manado, Kamis (21/2/2019).

Gubernur Sulut Olly Dondokambey membuka kegiatan tersebut sekaligus memimpin jalannya Rakor.

Gubernur Olly dalam sambutanya menyampaikan, ucapan terima kasih kepada para Kepala Daerah/Wakil kepala daerah yang telah menghadiri acara tersebut sebagai wujud komitmen dan tanggung jawab bersama dalam membangun Provinsi Sulawesi Utara.

Di Hadapan Gubernur, Wabup Yanny Paparkan Empat Program Prioritas Pemkab Bolmong di Tahun 2019 Advertorial

Gubernur mengatakan beberapa pencapaian indikator pembangunan di Provinsi Sulut Tahun 2018. Pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan sedikit dimana pada tahun 2017 yakni 6,23 persen  sedangkan tahun 2018 turun menjadi 6,01 persen.

“Pertumbuhan ekonomi ini secara nasional tidak naik, tapi Sulut masih tetap di atas rata-rata nasional. Hal ini diakibatkan karena beberapa industri besar di Sulut belum berjalan dengan baik sebagaimana yang kita harapkan,” ungkap Olly.

Lanjut Olly, tingkat inflasi dalam 3 tahun terakhir sangat menggembirakan dimana tingkat inflasi Provinsi Sulawesi Utara hanya sebesar 3,83 persen dari sebelumnya sebesar 6 persen.

Di Hadapan Gubernur, Wabup Yanny Paparkan Empat Program Prioritas Pemkab Bolmong di Tahun 2019 Advertorial

“Tetapi dalam 2 tahun terakhir ini kita bisa menekan tingkat inflasi sehingga masyarakat merasakan harga-harga kebutuhan pokok di hari-hari besar bisa terkendali,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Olly juga menjelaskan bahwa, angka pengangguran di Sulawesi Utara menurun, sebab mulai terbuka lapangan pekerjaan yang baru. Begitu juga penanaman modal yang semakin meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Hal tersebut memungkinkan akan ada banyak investasi yang akan datang di Provinsi Sulawesi Utara,” katanya.

Di akhir sambutanya, ia mengucapkan terima kasih kepada setiap Kepala Daerah se-Sulut karena cerminan keberhasilan Pemprov Sulut semua tergantung pemimpinnya.

“Semoga apa yang dibahas dalam Rakor tahun 2019 ini dapat menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat, agar pada Rakor di tahun depan nanti, kita akan mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat terhadap setiap kegiatan yang ada di daerah,”  ucapnya.

Di Hadapan Gubernur, Wabup Yanny Paparkan Empat Program Prioritas Pemkab Bolmong di Tahun 2019 Advertorial

Sementara itu di hadapan Gubernur Olly dan peserta Rakor lainnya, Wabup Yanny memaparkan empat prioritas yang menjadi sasaran utama Pemkab Bolmong dalam tema pembangunan Kabupaten Bolmong tahun 2019.

“Ada empat prioritas. Yaitu, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, pembangunan dalam bidang ekonomi, pembangunan dalam bidang infrastruktur, dan bantuan keuangan untuk pemerintah desa,” kata Yanny.

Di sela pemaparanya, ia membeberkan beberapa masalah Pemkab Bolmong di tahun 2018 lalu. Di antaranya penyelenggaraan tata kelola yang baik (Good Governance), serta belum optimalnya penyediaan infrastuktur dasar dan penunjang perekonomian.

“Untuk menindaklanjuti dan mengatasi kedua permasalahan tersebut, sekarang kita telah mengembangkan sistem pemerintahan yang integratif melalui institusionalisasi inovasi dan reformasi birokrasi dengan implementasi aplikasi E-Governance (E-Planning, E-Budgetting, E-Monev, E-Database dan E-Lakip) pada Tahun 2019 ini, serta percepatan pembangunan infrastruktur dasar sebagai penunjang perekonomian melalui kemitraan pembiayaan pembangunan,” ujarnya.

Turut hadir pada Rakorev tersebut, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulut, Para Kepala Instansi Vertikal dan BUMN se-Provinsi Sulut, 15 Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah se-Provinsi Sulut, Jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara serta dihadiri oleh para Kepala Bappeda se-Provinsi Sulut. (adv)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top