.
Advertorial

Pemkab Bolsel Laksanakan Pelatihan Input Data dan Profil Bagi 81 Desa

Pemkab Bolsel Laksanakan Pelatihan Input Data dan Profil Bagi 81 Desa Advertorial Berita Bolsel
Kroniktotabuan.com

BOLSEL– Menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 12 Tahun 2007  Tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), melaksanakan pelatihan penginputan data profil desa berbasis multimedia bagi aparat pemerintah desa (Pemdes) di 81 desa, Minggu (2/12/18) kemarin, di Lion Hotel Manado.

Kegiatan tersebut dibuka Asisten I Alsyafrie Kadullah mewakili Bupati Bolsel. Alsyafrie mengatakan, dengan pelatihan penginputan data profil desa ini, bolsel telah menyiapkan data. “Artinya tidak ada alasan lagi bagi kita di Bolsel belum menyediakan data atau belum terupdate setiap tahunnya,” ujar Alsyafrie

Pemkab Bolsel Laksanakan Pelatihan Input Data dan Profil Bagi 81 Desa Advertorial Berita Bolsel

Dijelaskan, profil desa merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter desa yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembanggaan, sarana dan prasarana serta pekembangan desa. “Termasuk permasalahan yang dihadapi desa. Seiring dengan perkembangan zaman maka semua informasi maupun perkembangan data harus menyesuaikan dengan era perkambangan ilmu dan teknologi,” kata Alsyafri.

Dia menambahkan, profil desa online, merupakan media komukasi antara pusat dan daerah, sebagai alat pemantau potensi, perkembangan dan pusat kajian akademis. “Ini juga sebagai alat melihat pemantau masalah sosial dan ekonomi serta sumber data kementerian atau lembaga yang ingin merencanakan program jangka pendek, menengah dan panjang,” tutur Alsyafri.

Pemkab Bolsel Laksanakan Pelatihan Input Data dan Profil Bagi 81 Desa Advertorial Berita Bolsel

Dirinya berharap, semua peserta mengikuti pelatihan sebaik mungkin agar saat kembali peserta sudah memiliki kemampuan teknis dalam penyusunan data profil desa. “Diharapkan data profil desa ini sudah bisa dijadikan acuan dalam perenacanaan program dan kegiatan setiap tahunnya,” ujar Alsyafri.

Sementara itu, Kepala DPMD Deky Paputungan melalui Kabid Pemerintah Desa Arfan Djafar mengatakan, kegiatan itu menghadirkan Direktur Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Dirjen Bina Pemdes Eko Prasetyanto, selaku narasumber. “Kegiatan ini akan berlangsung hingga tanggal enam Desember, yang digelar dalam dua gelombang. Gelombang Pertama Kecamatan Posigadan, Bolaang Uki dan Pinolosian Tengah,” kata Arfan. (adv)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top