Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

Bolmong Koleksi Ribuan Pengangguran


15 Okt 2016 10:06 WITA


 Pengangguran. Perbesar

Pengangguran.

Pengangguran.
LOLAKKabupaten Bolaang Mongondow, hingga saat ini masih mengoleksi sebanyak 5247 orang pengangguran atau warga yang tak memiliki pekerjaan. Usia diantara 19 saat baru lulus SMA, hingga 35 tahun.
 
Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Bolmong, Derek Panambunan SE, angka tersebut dihitung berdasarkan jumlah pengurusan AK1 atau biasa disebut kartu kuning.“Pengurusan kartu kuning itu diakumulasi dalam setahun. Jumlah itulah yang kita masukan dalam kategori pengangguran. Meski sebenarnya ada yang mengurus kartu kuning sudah  mendapat pekerjaan. Tapi karena belum melapor lagi ke Disnakertrans, maka tetap terdaftar sebagai pengangguran,” kata Derek
 
Sekertaris daerah (Sekda) Bolmong, Drs Ashari Sugeha,mengatakan, untuk peluang kerja, sebenarnya sangat terbuka, apalagi jumlah perusahaan yang ada saat ini sudah mencapai 145perusahaan. “Tinggal inisiatif pencari kerja. Kalau mau mencari pekerjaan, sebenarnya ada banyak peluang. Hanya memang yang paling banyak terdaftar sebagai pengangguran adalah anak rumahan yang tidak terbiasa bekerja,” kata Ashari. 
 
Ashari berharap, pencaker lebih proaktif lagi dalam melihat peluang kerja. “Manfaatkan peluang kerja yang ada sebaik mungkin. Kesempatan selalu ada, tinggal kita yang harus memaksimalkan lagi usaha untuk mencari pekerjaan dengan keahlian dan modal ilmu yang dimiliki,” katanya. (alk)
Komentari
Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Panen Hadiah Simpedes BRI Kotamobagu Sukses, Nasabah Bawa Pulang Hadiah Motor dan Mobil Suzuki Ertiga

14 Juli 2024 - 00:04 WITA

Pj Bupati Jusnan Buka Pelatihan Pengembangan Konten Digital oleh Disdik Bolmong

12 Juli 2024 - 19:09 WITA

Jerry Tuuk Masuk Radar PDIP di Pilkada Bolmong, Figur Bersih Pengalaman Mumpuni

10 Juli 2024 - 20:16 WITA

Bupati Jusnan Buka Sosialisasi Pendampingan Hukum Bagi Sangadi se-Bolmong

10 Juli 2024 - 15:28 WITA

Felix Rapar: Kebijakan dan Terobosan dr. Jusnan Selama 2 Bulan Kepemimpinan Bawa Berkah Perubahan Bagi Bolmong

10 Juli 2024 - 12:45 WITA

Bersama Ketua DPRD Kotamobagu, Pj. Walikota Hadiri Pemeriksaan Keuangan Atas Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara

8 Juli 2024 - 20:17 WITA

Trending di Berita Bolmong