.
Berita Bolmong

1.275 Petugas Agama di Bolmong Terima Insentif

1.275 Petugas Agama di Bolmong Terima Insentif Berita Bolmong Berita Daerah
Rutman Korompot
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Sebanyak 1.275 petugas agama di Kabupaten Bolmong yang terdiri dari imam, pegawai syarii, pendeta, pastor, frather, serta pinandita, mulai menerima insentif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong.

“Penyalurannya sudah mulai dilakukan sejak Senin kemarin. Adapun anggarannya sebesar Rp3,6 miliar yang berasal dari APBD tahun 2018,” ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Rutman Korompot, Selasa (24/4/2018).

Ia menjelaskan, untuk triwulan II nanti, direncanakan teknis pembayaran insentif petugas agama akan diserahakan di tiap kecamatan.

“Kami kesulitan membayarkan insentif petugas agama. Sebab cukup banyak, apalagi ini baru kali pertama insentif dianggarkan,” ungkapnya.

Rutman mengakui, insentif petugas agama jumlahnya masih tergolong rendah. Sebab insentif ini baru dalam tahap uji coba dan juga disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Tiap bulan masing-masing petugas agama mendapat Rp200 ribu dan dibayarkan tiap triwulan. Jadi totalnya per triwulan Rp 600.000 per orang. Sedangakan semua petugas nominal yang diterima itu sama,” ujarnya

Di sisi lain kata Rutman, setelah program ini dijalankan, ternyata masih ada beberapa petugas agama yang tidak terdata.

“Itu kesalahan dari pemerintah desa yang tidak memasukkan nama ke Pemkab. Nanti sesudah nama-nama petugas agama diterbitkan melalui Surat Keputusan Bupati kemudian mulai muncul nama-nama baru. Padahal, program ini sudah disosialisasikan sejak pertengahan 2017 lalu. Pasca Bupati dan Wabup dilantik,” imbuhnya

Ia menambahkan, sesuai surat yang ditujukan ke tiap Kepala Desa, yang akan menerima insentif tersebut harus  melengkapi laporan harian petugas agama.

“Kami berharap berikutnya pemuka agama wajib melampirkan laporan harian kinerja petugas Agama. Sebab dasar itu yang menjadi acuan kami untuk membayarkanya, dan sesuai petunjuk BPK,” tutup Korompot. (rza)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top