Berita Bolmong

105 Desa Gelar Pilsang, Pemkab Bolmong Gelar Deklarasi Damai

105 Desa Gelar Pilsang, Pemkab Bolmong Gelar Deklarasi Damai Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– 14 November mendatang, 105 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow  (Bolmong) akan menggelar Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak.

Pemkab Bolmong memahami kompleksitas kerawanan dan karakteristik setiap desa. Karena itu, Senin (4/11/2019), di halaman kantor bupati, digelar Apel Linmas dan Deklarasi Damai Pilsang Serentak.

Kegiatan ini merupakan salah satu respon Pemkab Bolmong dan aparat keamanan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Kapolres Bolmong AKBP Indra Pramana, Kapolres Kotamobagu AKBP Gani F Siahaan, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono, Kepala Pengadilan Negeri Kotamobagu Warsito, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Sekda Bolmong Tahlis Gallang, para calon sangadi, Linmas, serta seluruhASN lingkup Pemkab Bolmong.

105 Desa Gelar Pilsang, Pemkab Bolmong Gelar Deklarasi Damai Berita Bolmong

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dalam sambutannya mengatakan, Pilsang serentak tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena dilaksanakan secara serentak.

“Dalam kacamata Kamtibnas, peningkatan intensitas kegiatan politik di tingkat desa tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan,” ucap Yasti.

Yasti juga mengatakan, satuan Linmas memiliki peran penting dan strategis. Linmas menjadi pilar utama dan garda terdepan dalam pelaksanaan tugas pengamanan baik langsung maupun tidak langsung.

105 Desa Gelar Pilsang, Pemkab Bolmong Gelar Deklarasi Damai Berita Bolmong

” Sehingga anggota Linmas dituntut harus berperan aktif untuk kelancaran dan jalannya pemungguran suara di setiap TPS maupun dalam menjaga ketertiban, keamanan serta ketertiban masyarakat selama berlangsungnya Pilsang,”  kata Yasti.

Yasti berpesan kepada masyarakat agar menjadikan momentum Pilsang sebagai ajang pesta demokrasi dan bukan untuk ajang gontok-gontokan.

105 Desa Gelar Pilsang, Pemkab Bolmong Gelar Deklarasi Damai Berita Bolmong

“Para calon sangadi juga harus mengajak pendukungnya agar bisa menghindari hal-hal yang dapat memicu konflik antar pendukung,”  pesan Yasti.

Lanjut Yastio, anggota Linmas yang desanya tidak melaksanakan Pilsang, agar bisa membantu  Linmas yang melaksanakan pengamanan di desa pelaksanaan Pilsang.

“Bukan hanya Linmas, saya juga meminta kepada anggota TNI, Polri, dan Satpol PP agar bisa menyokong anggota Linmas yang sedang melaksanakan tugas pengamanan, sehingga pelaksanaan Pilsang dapat berjalan aman, tertib, lancar dan tetap kondusif,” pungkasnya. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top