109 Warga Bolmong Digigit Anjing Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com
109 Warga Bolmong Digigit Anjing Berita Bolmong Berita Daerah

Digigit atau terkena liur anjing rawan terkena rabies. Dinkes Bolmong meminta warga selalu waspada.

BOLMONG– Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong Yulin Ester Papuling, mengimbau warga masyarakat agar berhati-hati dengan gigitan anjing untuk antisipasi penyakit rabies. Cukup beralasan karena sepanjang 2017 ini tercatat sudah 109 kasus gigitan anjing yang ditangani Dinkes.

“Semua memang tertangani dengan baik. Hanya saja perlu kewaspasaan masyarakat terhadap anjing, karena gigitanya sangat berbahaya,” kata Yulin, Selasa (12/9).

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular, Penyakit Tidak Meluar dan Kesehatan Jiwa (PPM PTM dan Keswa) Wiyono menambahkan, 109 kasus gigitan anjing termasuk tinggi. Saat ini, kata Wiyono, ada tim gerak cepat penanganan rabies.

Biaya pengobatan warga yang terkena virus rabies masuk dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Untuk vaksin menjadi kewajiban Puskesmas karena masuk layanan tahap satu.

“Kalau dari dinas stok vaksin akan disiapkan di Puskesmas. Itu untuk warga yang tak mampu. Mereka dapatnya gratis. Tapi warga yang mampu harus beli sendiri vaksin seharga Rp600 ribu,” katanya.

Jika ada kasus gigitan anjing, dia meminta warga segera melapor ke puskesmas terdekat. “Entah digigit anjing atau terkena liur, harus segera ke Puskesmas. Agar bisa segera ditangani sebelum terlambat. Jangan menunda pengobatan kalau sudah digigit anjing,” tandasnya. (ahr/rab)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top