2021 Pasar Dulangon Difungsikan Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai matangkan perencanaan relokasi pedagang yang berada di pasar Lolak ke pasar yang ada di Dulangon.

Direncanakan tahun 2021 pasar Dulangon difungsikan, kata Kepala Dinas Perdagangan dan ESDM Bolmong Tonny Toligaga, Selasa (22/9/2020).

“Yang akan berjualan di pasar Dulangon semua peragang dari Pasar Lolak. Sehingga pasar Lolak nantinya sudah tidak akan difungsikan lagi sebagai pasar. Intinya saat ini kami dalam persiapan untuk relokasi pedagang pasar Lolak ke Dulangon,” ungkap Toligaga ditemui di kantornya.

Pasar Dulangon sudah dihibahkan oleh pemerintah pusat kepada Pemerintah Kabupaten Bolmong sejak akhir tahun 2017 lalu.

“Tetapi pada saat itu sarana prasarana pendukung belum ada,” katanya.

Tahun 2020 ini, Tonny mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan anggaran untuk pendamping relokasi. Namun anggaran untuk kegiatannya masih direfocussing guna penanganan Covid- 19. Sehingga relokasi di tahun ini juga tertunda.

“Jadi untuk relokasi pedagang dari Lolak ke Dulangon harus dilakukan pendampingan. Selain itu, lokasi pasar yang lama harus dilakukan pemagaran agar pedagang tidak melakukan aktivitas lagi di Lolak. Selain itu ada juga beberapa sarana penunjang yang harus dilakukan perbaikan. Tetapi anggaran tersebut sudah digeser untuk penanganan Covid. Sehingga tertunda juga untuk tahun 2020 ini,” ungkapnya.

Untuk itu di awal tahun 2021 pihaknya akan melakukan review untuk perbaikan-perbaikan bangunan, serta sarana dan prasaran lainnya untuk kepentingan aktivitas pasar nanti.

“Intinya kami akan memastikan pasar tersebut aman dan nyaman digunakan oleh pedagang,” pungkasnya. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top