Berita Bolmong

7.578 Nelayan Bolmong Belum Kantongi Kartu Nelayan

Kroniktotabuan.com
7.578 Nelayan Bolmong Belum Kantongi Kartu Nelayan Berita Bolmong Berita Daerah

Ilustrasi

BOLMONG– Kartu nelayan merupakan wujud penghargaan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan terhadap profesi nelayan dan diatur melalui Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 16 Tahun 2016.

Penerbitan kartu nelayan dapat menjadi instrumen bagi pemerintah untuk memberikan pembinaan dan bantuan sarana prasarana, asusransi, hingga bahan bakar minyak sebagai penguatan usaha nelayan menjadi lebih baik dan maksimal.

Namun, menurut Dinas Perikanan dan Kelautan Bolmong, di daerah ini masih sebanyak 7. 578 belum mendapatkan kartu tersebut. Alasannya, banyak nelayan yang hingga kini belum mendaftar pada sistem data pusat.

“Masih sangat banyak yang belum terdaftar pada sistem. Padahal jika nelayan sudah mendapat kartu ini akan sangat bermanfaat,” ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil, Supriadi Agantu, Rabu (14/3/2018).

Ia menjelaskan, berdasarkan data sejak tahun 2017 nelayan yang sudah terdaftar pada sistem baru berkisar 2.172 orang dari total data nelayan 9.750 di lima kecamatan.

“Saat ini 200 kartu nelayan sudah tercetak. Jadi yang sudah terdata lewat sistem akan sangat mudah untuk segera mendapatkan kartu nelayan. Datanya sudah ada juga di Provinsi,” ujarnya.

Pemkab Bolmong sedang memaksimalkan untuk melakukan pendataan secara langsung ke nelayan.

“Kita lakukan metode jemput bola dengan bantuan penyuluh dari kementerian, sehingga seluruh nelayan akan bisa didata pada sistem. Agar kartu nelayan mereka akan bisa diterbitkan,” ungkapnya.

“Bagi nelayan yang belum terdata pada sistem maupun belum mendapat kartu nelayan agar bisa memasukan berkas pada pemerintah desa atau kelurahan, biar nanti mereka yang bawa ke kantor untuk diproses,” tambahnya. (rza)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top