Berita Bolmong

Ada Stok Pangan untuk Petani Bolmong yang Gagal Panen

Ada Stok Pangan untuk Petani Bolmong yang Gagal Panen Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) memperhatikan betul kebutuhan petani.

Selain bantuan bibit, dana, Alsintan, petani yang gagal panen juga diperhatikan oleh pemerintah.

Tahun 2020 ini Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Bolmong menyediakan 7 ton beras untuk didistribusikan kepada petani yang mengalami gagal panen.

Kepal DKP Bolmong, I Nyoman Sukra, mengatakan ketersediaan bahan pangan tahun 2020 tersebut merupkan kerjasama antara Pemkab Bolmong dengan Sub Divre Bulog.

“Kalau 2019 lalu 10 ton kita sediakan dengan Sub Divre Bulog,” ungkap Sukra, Kamis (13/2/2020).

Dia menyebut penurunan jumlah stok pangan tidak berpengaruh karena Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga mempunyai program serupa.

“Dua instansi itu juga terkait dalam penanganan bantuan kepada masyarakat, artinya tidak terbebani pada satu instansi,” ucapnya.

Selain bahan pangan, Ia juga menyatakan DKP telah memiliki 4 Kelompok binaan Gapoktan. Masing-masing Desa Cempaka, Inobonto, Apado serta Gapoktan Kopandakan.

Smpat Gapoktan tersebut sebelumnya telah mendapat bantuan mesin gilingan serta uang Rp160 juta per-kelompok yang bersumber dari APBD 2019 lalu. Total anggaran Rp1,2 miliar.

“Gapoktan binaan harus mampu menyediakan sekitar 50 ton beras per tahun guna menyuplai ke daerah yang rawan pangan,” tandasnya. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top