Akhir Pekan Ini Lebaran Ketupat dan Tradisi Kolipot
Berita Bolmong

Akhir Pekan Ini Lebaran Ketupat dan Tradisi Kolipot

Akhir Pekan Ini Lebaran Ketupat dan Tradisi Kolipot Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com
Akhir Pekan Ini Lebaran Ketupat dan Tradisi Kolipot Berita Bolmong Berita Daerah

Suasana perayaan binarundak di Kotamobagu

BOLMONG– Pasca lebaran Idul Fitri pertama dan kedua, 1438 Hijriyah, umat muslim di Kabupaten Bolaang Mongondow masih melaksanakan lebaran ketupat dan tradisi kolipot yang biasanya dilaksanakan hari ke tujuh.

Lebaran ketupat khusus di Bolmong, biasanya dilaksanakan di beberapa Kecamatan, seperti Kecamatan Lolak, Sangtombolang, Kecamatan Bolaang dan Kecamatan Dumoga Bersatu. Khusus tradisi kolipot, dilaksanakan di Desa Mopait Kecamatan Lolayan.

Kegiatan ini juga akan turut dihadiri Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow. “Ibu Bupati dipastikan akan hadir karena ini sudah menjadi agenda tahunan,” kata Rita, Warga Desa Mopait.

Seperti diketahui, lebaran ketupat nanti, setiap warga menyiapkan menu makanan dan disajikan kepada setiap tamu yang datang ke rumah. Para warga tidak hanya berkunjung untuk saling memberi jabat tangan, tapi diperkenankan untuk makan hidangan yang telah disiapkan.

Sedangkan untuk tradisi kolipot di Mopait, biasanya diatur dalam satu tenda yang telah disiapkan oleh panitia pada lapangan terbuka. Kolipot ini adalah masakan yang terbuat dari beras yang dibungkua dengan daun khusus. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top