Berita Bolmong

Bantuan Sembako Tahap Dua di Bolmong Segera Disalurkan

Bantuan Sembako Tahap Dua di Bolmong Segera Disalurkan Berita Bolmong
I Nyoman Sukra
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Bantuan sembako tahap dua oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) segera disalurkan kepada 8.370 Kepala Keluarga (KK).

Penerima bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bolmong tersebut dikhususkan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Setiap KK menerima 36 kilogram beras disertakan bantuan sembako lainnya oleh Dinas Sosial (Dinsos).

“Saat ini sedang dalam proses pengadaan pengumpulan stok beras, sebagian sudah berada di gudang. Perkiraan akhir bulan ini sudah lengkap stoknya dan tinggal disalurkan,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP)  I Nyoman Sukra, via Whatsapp, Rabu (27/5/2020).

Ia juga menjelaskan, setiap KK yang sudah masuk dalam penerima PKH, BLT baik dari Kementrian Sosial maupun Dana Desa, tidak dibenarkan lagi menerima bantuan yang bersumber dari APBD.

“Junlah penerimanya tetap sama 8.370 KK, tapi kemungkinan orang-orangnya akan berganti karena Dinsos Bolmong tengah mendata mengingat ada yang sempat menerima dua kali bantuan. Sekarang tak dibolehkan lagi. Jika KK tersebut sudah menerima bantuan yang bersumber dari APBN tak dibolehkan lagi menerima bantuan dari APBD,” katanya menjelaskan.

Selain itu, pihaknya juga telah memberikan informasi dan saran kepada pihak ketiga yang bertugas sebagai penyedia beras agar mengambil beras kepada petani-petani Bolmong mengingat Bolmong merupakan daerah lumbung beras di Provinsi Sulut.

“Untuk bulan-bulan berikut, kita sudah menyarankan ke pihak penyedia agar sebagian diambil sari petani-petani Bolmong. Kita juga sudah survei di beberapa desa, ada stok di Gapoktan maupun di gilingan. Semoga di tahap-tahap berikut pihak ketiga bisa bersedia membeli barang dari masyarakt kita,” icapnya Nyoman.

Diketahui dalam penyaluran bantuan tahap pertama pada April 2020 lalu, setiap KK telah diberikan beras sebanyak 36 kilogram oleh DKP disertakan dengan sembako lainnya oleh Dinas Sosial Bolmong berupa ikan kaleng, susu kaleng, minyak goreng, dan telur. (

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top