>
.
Berita Bolmong

Beri Dukungan ke Yasti, Ribuan Warga Turun ke Jalan

Beri Dukungan ke Yasti, Ribuan Warga Turun ke Jalan Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com
Pasang Iklan Kronik Totabuan

 

Beri Dukungan ke Yasti, Ribuan Warga Turun ke Jalan Berita Bolmong Berita Daerah

Massa menggelar aksi di kompleks kantor bupati.

KOTAMOBAGU– Ribuan warga Bolmong menggelar aksi damai di Jalan Trans Sulawesi Kelurahan Inobonto, Kecamatan Bolaang dan di depan kantor Bupati Bolmong, Kecamatan Lolak, Senin (31/7). Aksi berlangsung mulai pukul 13.00- 16.00 Wita.

Aksi damai ini melibatkan ribuan warga dari 15 kecamatan se-Bolmong. Massa berorasi di sekitar jembatan Kaiya. Keberadaan massa dan ratusan kendaraan roda empat dan dua yang mereka gunakan melumpuhkan juga jalan Trans Sulawesi.

Setelah berorasi di sini, massa melakukan long march menuju kompleks perusahaan PT Conch North Sulawesi Cement (CNSC). Massa berorasi menyampaikan aspirasi mereka di sini. Di sekitar perusahaan, ratusan polisi dari Polres Bolmong, Brimob Kompi Inuai dan Polda Sulut disiagakan.

“Kami, rakyat Bolmong turun ke jalan hari ini sebagai bentuk dukungan terhadap ketegasan bupati kami, pemangku adat tertinggi, yang menentang beroperasi perusahaan semen asing yang tak punya izin,” ujar Rahmat Algaus, kordinator aksi saat melakukan orasi.

“Kami juga meminta Polda Sulut meninjau lagi penetapan bupati kami sebagai tersangka dengan tuduhan merusak fasilitas perusahaan. Apa dilakukan bupati kami adalah bentuk penegakan aturan, bentuk konsistensi menjaga tanah leluhur ini dari beroperasinya perusahaan asing tanpa izin,” katanya.

Usai berorasi di kompleks perusahaan PT CNSC, massa bergerak menuju kantor Bupati Bolmong. Aksi berakhir tetap berjalan damai hingga bubar pukul 16.00 Wita.

“Rakyat Bolmong akan turun lagi dengan jumlah lebih besar jika apa menjadi aspirasi hari ini tidak didengar, terutama oleh Polda Sulut. Intinya rakyat Bolmong selalu di belakang bupati dalam menegakkan aturan, menjaga harga diri bangsa dan terutama daerah tercinta ini,” katanya.

Aksi ini menyebabkan jalan Trans Sulawesi macet total hingga beberapa jam.

Sekadar diketahui, aksi damai ribuan rakyat Bolmong ini dipicu penetapan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow sebagai tersangka oleh Polda Sulut atas kasus dugaan perusakan fasilitas PT CNSC, saat melakukan penertiban bangunan liar 5 Juni lalu. (rab)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top