Berita Bolmong

BPBD Tangani Bencana Longsor Mondatong-Pomoman

Kroniktotabuan.com
BPBD Tangani Bencana Longsor Mondatong-Pomoman Berita Bolmong Berita Daerah

Channy Wajong

BOLMONG– Bencana longsor sering terjadi di Desa Mondatong dan Desa Pomoman Kecamatan Poigar. Sebelumnya, pada 20 Februari 2017, longsor yang ketiga kalinya, melanda dua desa tersebut.

Bahkan, saat kejadian longsor pertama dan kedua, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow, telah melakukan pembersihan dengan menggunakan alat berat Excavator dan alat berat Jack Hammer/Breker.

“Karena longsor pada ruas jalan ini terdiri atas longsoran tanah dan batu dengan diameter yang cukup besar sehingga harus menggunakan alat Jack Hammer/Breker,” kata Kepala Pelaksana BPBD, Channy Wajong, Minggu (26/07).

Namun, pada Sabtu 25 Februari 2017, longsor kembali terjadi dan BPBD langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Desa untuk penanganan lanjutan.

“Kejadian sekira pukul 12.00 Wita. Atas kerjasama BPBD, masyarakat dan dunia usaha, material longsoran dijalan penghubung Desa Mondatong – Desa Pomoman berhasil dibersihkan,” jelas Channy.

Selain itu, cuaca ekstrim diperkirakan masih akan terus terjadi beberapa pekan kedepan di wilayah Bolmong. “Saya menghimbau kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan khususnya bagi para pengguna jalan yang melintasi jalan penghubung kedua desa ini mengingat kondisi tanah yang sangat labil. Biasanya kondisi seperti ini sangat rawan terjadi longsoran,” jelasnya. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top