Berita Bolmong

Buka Latsar, Tahlis: Lulus CPNS Tak Otomatis Jadi PNS

Buka Latsar, Tahlis: Lulus CPNS Tak Otomatis Jadi PNS Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Sekretaris Daerah (Sekda) Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahlis Gallang membuka Latihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan 1, di gedung Yadika, Desa Kopandakan II, Rabu (9/10/2019).

Kegiatan Latsar angkatan 1 diikuti 108 peserta. Latsar diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong dan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Makassar.

Buka Latsar, Tahlis: Lulus CPNS Tak Otomatis Jadi PNS Berita Bolmong

Latsar ini akan berlangsung selama 51 hari kerja, terbagi 21 hari pembelajaran on kampus atau klasikal, dan 30 hari off kampus atau kembali ke instansi perangkat daerah masing-masing peserta.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang dalam sambutanya menjelaskan, tujuan utama Latsar digelar di daerah, tak lain guna meminimalisir, waktu, tenaga dan biaya peserta.

Buka Latsar, Tahlis: Lulus CPNS Tak Otomatis Jadi PNS Berita Bolmong

“Coba bayangkan kalau dilaksanakan di luar daerah, pasti biaya peserta lebih banyak karena sifatnya on offl. Artinya pembebanan terhadap APBD dan beban pribadi terlalu tinggi,” kata Tahlis.

Dikatakan Sekda, Kendati sudah lulus dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) bukan berarti sudah menyandang status sebagai PNS.

“Maka itu saya katakan, Latsar merupakan satu rangkaian dengan proses penerimaan CPNS. Masih tersisa satu persyaratan, yaitu lolos di Latsar. Jika tak lulus di tes ini maka hilang sudah harapan. Keseriusan peserta sangat diperlukan,” jelasnya.

Sementara, Perwakilan PPSDM regional Makassar, Muhamad Haidir, Ap. S.Ip. Msi mengungkapkan Latsar CPNS penting diikuti karena merupakan syarat utama menjadi seorang PNS.

“Syarat lulus harus mumpuni secara akademis serta dituntut mampu dalam menyerap materi. Selain itu kesiapan sikis, perilaku dan mental harus disiapkan. Dalam penilaian jika ada satu nilai yang rendah berarti anda tidak berhak menjadi PNS,” katanya.

Buka Latsar, Tahlis: Lulus CPNS Tak Otomatis Jadi PNS Berita Bolmong

Ia menambahkan, Latsar tahun 2019 sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana, disamping belajar di kelas, peserta juga harus menyusun karya kreatifitas yaitu harus membuat proposal aktualisasi guna penerapan pemberian pelayanan kepada instansinya maupun masyarakat luar.

“Akan ada ujian pemaparan proposal, saat pengujian, peserta harus sertai bukti lapangan, pengujinya pun akan diambil dari panitia pelaksana,” Imbuhnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Asisten III Ashari Sugeha, para Kepala SKPD Bolmong, serta para peserta Latsar CPNS. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top