Bulan Ini CPNS Bolmong Terima Gaji Ganda Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG- 218 CPNS Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong yang telah resmi menerima Surat Keputusan (SK) dari Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow beberapa waktu lalu dipastikan akan menerima gaji ganda.

Pasalnya, para CPNS Terhitung Masa Tugas (TMT) sejak tanggal 1 Maret 2018 lalu.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Fico Mokodompit, mengatakan itu.

Menurut dia persyaratan penerimaan gaji CPNS ini ada beberapa yang harus diajukan. Diantaranya Surat Keputusan Permintaan Pembayaran Tunjangan Keluarga (KP4) bagi yang sudah menikah.

“Tak hanya itu, fotocopy SK CPNS, akta nikah bagi yang sudah berkeluarga, akta anak, dan kartu keluarga yang telah dilegalisir. Jika semua syarat itu terpenuhi, maka gaji langsung kami bayarkan selaku instansi teknis terkait,” ungkap Fico, Rabu (10/4/2019).

Ia menjelasakan, jika keseluruhan syarat tersebut sudah lengkap maka yang akan dibayarkan pertama gaji April.

“Itu dulu yang akan kita tuntaskan, lebih cepat lebih baik. Kemudian kita meminta kembali pengajuan pembayaran Maret. Dipastikan bulan ini CPNS menerima gaji ganda. Itu tergantung pada yang bersangkutan, jika cepat memasukkan maka segera dibayarkan,” ucap Fico.

Tahun 2019 ini, kata dia, Pemkab telah menyediakan gaji CPNS sebesar Rp8 Miliar melalui APBD.

“Ya tahun ini kita sudah anggarkan sebasar Rp8 Miliar. Namun ini akan bertahap. Yang pertama direalisasikan bulan April. Setelah itu bulan Maret,” tuturnya.

Menurutnya, bagi CPNS sebelum menjadi PNS, akan menjalani masa kerja selama satu tahun. Pada masa ini akan dievaluasi kinerjanya. Apakah layak menjadi PNS atau tidak. Tenggang waktu selama berstatus CPNS, dipastikan tetap akan mendapatkan gaji.

“CPNS memiliki besaran gaji berbeda dengan PNS. Ada beberapa komponen yang tak 100 persen diterima karena statusnya masih CPNS,” ujarnya.

Saat resmi diangkat sebagai PNS kata Fico, komponen gajinya akan menjadi 100 persen. Untuk besaran gaji pokok akan sesuai bunyi pasal 5 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1977 kepada seorang yang diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil, diberikan gaji pokok sebesar 80 persen dari gaji pokok.

“Selain gaji pokok, CPNS juga berhak memperoleh hak tunjangan istri/suami dengan syarat adanya pernikahan yang sah di hadapan hukum. Besarannya mencapai 5% tunjangan bagi suami dan 2 persen untuk anak dari gaji pokok yang diterima,” pungkasnya. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top