Berita Bolmong

Bupati Lantik Dirut PDAM Bolmong dan Pejabat Eselon III

Bupati Lantik Dirut PDAM Bolmong dan Pejabat Eselon III Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar kegiatan pelantikan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan pengambilan sumpah serta serah terima jabatan, Senin (8/6/2020).

Kegiatan yang digelar bertempat di loby Kantor Bupati Bolmong, Desa Lalow, Kecamatan Lolak tersebut dihadiri Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, sekaligus melantik pejabat Dirut PDAM Kamran Muchtar Podomi.

Bupati Yasti dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Kamran Muchtar Podomi sebagai pejabat Dirut PDAM yang baru.

Bupati Lantik Dirut PDAM Bolmong dan Pejabat Eselon III Berita Bolmong

Ia menjelaskan, PDAM sebagai Badan Usahq Milik Daerah mempunyai peran ganda. Yaitu institusi yang berorientasi sosial untuk pelayanan terbaik dan institusi yang berorientasi ekonomi yaitu untuk mendapatkan profit atau keuntungan yang dapat mendorong peningkatan PAD.

“Ini tentu menjadikan tantangan tersendiri bagi Dirut baru untuk memadukan 2 kultur ini menjadi satu kesatuan kultur yang positif untuk mendukung pengelolaan PDAM yang berkelanjutan,” ujar Yasti.

Lanjut Yasti, jajaran PDAM harus secara bijak melakukan transformasi korporasi modern yang berorientasi pada hasil dan ramah terhadap prinsip Good Corporate Governance.

Bupati Lantik Dirut PDAM Bolmong dan Pejabat Eselon III Berita Bolmong

“Untuk mencapai itu, tentu tak lepas dari stakeholder terkait, yaitu Pemda sebagai pemilik prusahaan, Dewan Pengawas dan jajaran manajemen PDAM, serta masyarakat . Sehingga semua pihak bisa sama-sama berbuat yang terbaik untuk PDAM yang mandiri, profesional dan maju,” kata Yasti.

Yasti berharap kepada Dirut baru agar dapat melakukan terobosan baru baik sisi pengembangan fisik maupun pelayanan. Termasuk melakukan pembenahan internal maupun eksternal demi peningkatan kualitas dan kuantitas.

“Kepada Dirut baru, saya sampaikan masih banyak permasalahan yang harus dibenahi. Di antaranya kuantitas, kualitas dan kontinueitas. Untuk itu saya minta agar kedepanya harus terbuka dalam menerima kritikan dan saran untuk menjadikan PDAM lebih baik lagi dan cepat tanggap terhadap situasi lapangan, serta berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajiban pelanggan,” katanya.

Bupati Lantik Dirut PDAM Bolmong dan Pejabat Eselon III Berita Bolmong

Ia juga berpesan agar Dirut PDAM bisa menjalankan tugas dan amanah dengan baik, menjaga kekompakan kerja tim serta terus memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

“Tanpa kekompakan tim yang solid, kerja pasti akan maksimal,” tandasnya.

Sementara, pada agenda selanjutnya di tempat yang sama, Bupati Yasti juga melantik serta mengambil sumpah jabatan kepada pejabat struktural eselon III.

Yasti menyampaikan, pelantikan pejabat eselon III yang digelar saat itu, bukan hanya sekedar formalitas pendistribusian jabatan atau pengisian jabatan lowong serta bukan hanya menempatkan beberapa figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu melainkan murni hasil evaluasi dari masing-masing pejabat.

“Ini sebagai sarana penguatan, pengembangan dan pemberdayaan potensi diri serta pembenahan, penyegaran dan pemantapan rosa organisasi pemerintahan dalam rangka peningkatan ke arah tercapainya SDA aparatur yang handal dan profesional guna pencapaian visi misi pembangunan Daerah saat ini,” kata Yasti menjelaskan.

Bupati Lantik Dirut PDAM Bolmong dan Pejabat Eselon III Berita Bolmong

Yasti berpesan, usai pelantikan tersebut para pejabat harus segera melaksanakan serah terima aset di masing-masing SKPD,

“Setelah ini, langsung diadakan serah terima aset selambat-lambatnya Selasa 9 Juni 2020, dan periharalah aset tersebut agar dapat digunakan dalam jangka waktu lama,” katanya.

Di akhir sambutannya, ia mewarning kepada pejabat yang baru saja dilantik agar tidak bersikap otoriter apalagi sampai memotong dan mengambil hak bawahan.

“Laporkan kepada saya jika ada pejabat yang biasa mengambil hak bawahan,” katanya tegas.

Turut hadir, Sekda Bolmong Tahlis Gallang, Asisten I, II, III, para Kepala SKPD, dan seluruh ASN lingkup kerja Bolmong. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top