Berita Bolmong

Bupati Yasti Dampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Panen Jagung dan Padi di Kopandakan 2

Bupati Yasti Dampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Panen Jagung dan Padi di Kopandakan 2 Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw, menghadiri panen bersama tanaman padi dan jagung, di Desa Kopandakan 2, Kecamatan Lolayan, Senin (24/2/2020).

Panen ini juga dihadiri juga Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow yang setia mendampingi gubernur dan wakil gubernur, Wabup Bolmong Yanny Ronny Tuuk, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Walikota Kotamobagu Tatong Bara, Wakil Waikota Nayodo Koerniawan, Anggota Dewan Provinsi Sulut Rocky Wowor, Jajaran Forkopimda, jajaran Pemkab Bolmong, serta para penyuluh pertanian dan perikanan se-Bolmong.

Bupati Yasti dalam sambutanya mengungkapkan, sangat berterima kasih atas kesempatan Gubernur dan Wagub Sulut beserta rombongan karena ini merupakan kunjungan hari ke tiga bersilturahmi bersama dengan pemerintah dan masyarakat Bolmong.Bupati Yasti Dampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Panen Jagung dan Padi di Kopandakan 2 Berita Bolmong

“Panen bersama dan penyerahan bantuan hari ini merupakan bukti kepedulian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut kepada petani, nelayan dan pelaku UKM di Kabupaten Bolmong sebagaimana jargon Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK), atau ODSK harus kita lanjutkan,” ucap Yasti.

Ia juga mengatakn, dengan adanya bantuan tersebut pihaknya berharap mampu meningktakan taraf hidup petani, nalayan dan pelaku UKM di Bolmong, sekaligus Kabupaten Bolmong tetap menjadi sentra daerah produksi beras di Provinsi Sulut.

Bupati Yasti Dampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Panen Jagung dan Padi di Kopandakan 2 Berita Bolmong

“Luas lahan sawah kami ada 19.000 hektar, dan hari ini gubernur telah berikan bantuan untuk 36.000 hektar bibit padi. Itu berarti dua kali musim tanam dibantu ODSK, begitupun luas lahan tanaman jagung yang totalnya 68.000 hektar dan kembali mendapat bantuan 48.000 hektar,” ungkap Yasti.

Di tengah sambutanya Yasti pun mengakui sebagai Bupati Bolmong dan atas nama pemerintah Bolmong sangat mengaprresiasi atas kepemimpinan ODSK selama 4 tahun menjabat.

Bupati Yasti Dampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Panen Jagung dan Padi di Kopandakan 2 Berita Bolmong

“Kami merasakan betul begitu banyak perkembangan dan bantuan yang diberikan Gubernur dan Wakil Gubernur. Mulai dari waduk Pindol maupun Bandara Loloda Mokoagow. Kami selalu berdoa dan berupaya program ODSK bisa dilanjutkan terus agar pembangunan bisa berjalan baik dan angka kemiskinan bisa menurun,” jelasnya.

Di akhir sambutanya, Yasti Mengungkapkan guna menopang kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Bolmong, Gubernur Olly bakal menghadirkan Universitas Negeri di Bolmong.

Bupati Yasti Dampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Panen Jagung dan Padi di Kopandakan 2 Berita Bolmong

“Universitas Negeri Bakal ada di Bolmong, kesimpulanya jadi kalu kita tidak lanjutkan program ODSK ini, maka siapa lagi Gubernur Sulut yang mampu melakukan seperti ODSK,” kata Yasti.

Sementara itu, Gubernur Olly Dondokambey pada sambutanya menjelaskan maksud kedatangan ODSK ke Bolmong Raya (BMR), merupakan komitmen antara Pemprov Sulut dan Pemkab Bolmong dalam rangka mensejahterakan rakyat.

“Itu sudah terbukti, mulai dari angka kemiskinan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) turut 2 digit, dimana sebelumnya ODSK menargetkan angka tersebut hanya turun 1,5 digit,” jelas Olly.

Bupati Yasti Dampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Panen Jagung dan Padi di Kopandakan 2 Berita Bolmong

Ia juga mengungkapkan, terkait peningkatan SDM, sebelumnya ia telah meresmikan gedung serta memberikan alat bantuan SMK di seluruh BMR, salah satunya SMK Cokroaminoto.

“Lulusan SMK Cokroaminoto langsung diterima di PT. Conch. Ada sebanyak 200 siswa. Selain itu, Kawasan Industri Mongondow (Kimong) yang memakai lahan 2000 hektar yang diperkirakan memerlukan tenaga kerja hampir 33.000. makanya Pemprov sudah mensupport kabupaten dan kota di BMR ini untuk SMK-nya guna menyiapkan siswa kompeten, sudah termasuk menghibahkan tanah untuk pembangunan Universitas Bolaang Mongondow, dan ini bukan sekedar janji karena tengah diproses,” ujar Olly menjelaskan.

Olly juga mengajak kepada masyarakat Bolmong untuk terus mendukung pemerintah serta program ODSK untuk dilanjutkan, karena manfaatnya langsung kepada masyarakat.

“Ini merupakan kesempatan yang tidak datang dua kali, kenapa? Karena, saat ini Pemprov Sulut sangat dekat dengan Pemerintah Pusat, maka aspirasi dari masyarakat akan cepat terakomodir. Saat ini merupakan kesempatan yang baik, karena saat ini Presiden Jokowi sangat mencintai Sulut,” jelas Olly.

Setelah acara selesai Gubernur Olly langsung memberikan bantuan kepada para kelompok tani dan nelayan berupa, Unit pengelola hasil jagung, benih cabe, benih jagung, alat tanam jagung, hand sprayer, serta bantuan Lanjut usia (Lansia) senilai Rp2 miliar dan bantuan bahan pokok Lansia Rp3 juta per orang, mesin katinting 6,5 pk, motor tempel, dan benih peremajaan kelapa. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top