Berita Bolmong

Bupati Yasti Serahkan Bantuan di Kecamatan Poigar, Bolaang Timur dan Bolaang

Bupati Yasti Serahkan Bantuan di Kecamatan Poigar, Bolaang Timur dan Bolaang Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow didampingi Ketua DPRD Welty Komaling kembali menyerahkan bantuan pangan dan sembako non beras untuk warga terdampak Covid-19, Jumat (5/6/2020).

Hari ini penyaluran secara simbolis di tiga kecamatan. Yakni Poigar, Bolaang Timur dan Bolaang.

Setiap penerima mendapatkan 36 kilogram beras premium dan paket sembako non beras, sudah didalamnya 8 kaleng ikan kaleng, 2 kilogram minyak goreng dan 4 kilogram gula pasir.

Yasti dalam sambutanya mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut merupakan upaya dari Pemkab Bolmong dalam menjamin ketahanan pangan serta menunjang kebutuhan hidup masyarakat.

“Ini merupakan bentuk tanggungjawab dan wujud kepedulian dari pemerintah untuk masyarakat yang terkena dampak Covid-19,” kata Yasti dalam sambutannya.

Bupati Yasti Serahkan Bantuan di Kecamatan Poigar, Bolaang Timur dan Bolaang Berita Bolmong

Yasti juga turut menyampaikan pesan salam sehat dan hormat dari Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey.

“Gubernur berpesan semoga kita semua bisa tetap sehat dan kuat untuk melawan Covid-19 ini. Selain itu, karena masyarakat di Bolmong akan menerima bantuan ini selama 9 bulan ke depan, lebih lama jika dibandingkan dengan daerah lain yang hanya 3 bulan. Maka saya berharap supaya sampai dengan bulan Desember 2020 nanti, Orang Desa tetap Sehat Kuat untuk melawan dan memerangi Covid-19,” ucap Yasti di hadapan warga.

Yasti mengakui, pandemi Covid-19 sangat berdampak besar terhadap perekonomian serta menghambat pembangunan infrastruktur di Bolmong.

“Hal itu dikarenakan Anggaran DAU dan DAK Kabupaten Bolmong kembali ditarik oleh pemerintah pusat dan dikembalikan lagi dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat. Akibat dari dampak Covid ini Ada sekitar Tp163 miliar anggaran kita yang dikembalikan ke pusat. Karena anggaranya besar maka di Provinsi Sulut, Bolmong yang mendapatkan bantuan terbanyak, yaitu 10.010 penerima BLT selama 6 bulan ke depan,” ungkapnya.

Bupati Yasti Serahkan Bantuan di Kecamatan Poigar, Bolaang Timur dan Bolaang Berita Bolmong

“Bagi saya, tak apa jika pembangunan infrastruktur terhambat yang penting rakyat saya tidak lapar,” tambahnya lagi.

Yasti menjelaskan, Untuk anggaran APBD murni, Pemkab Bolmong menyediakan bantuan selama 9 bulan dalam bentuk pangan dan sembako non beras.

“Jika dibandingkan dengan daerah lain yang memberikan bantuan hanya 3 bulan, Pemkab Bolmong berikan bantuan selama 9 bulan. Total anggaran yang dikucurkan totalnya Rp90 miliar, karena total penerimanya ada 8.370 Kepala Keluarga (KK). Terdiri dari 4.238 KK yang mendapatkan bantuan beras 36 kilogram dan paket sembako, sedangkan 4.122 penerima itu hanya mendapatkan beras 36 kilogram hasil top up anggaran dari Pemkab Bolmong karena penerima ini telah menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp200 ribu dari Pemerintah Pusat. Jadi pembagiannya adil dan merata,” kata Yasti menjelaskan.

Selain itu, lanjut Yasti, seluruh masyarakat Bolmong juga akan kebagian masker secara gratis dari Pemkab Bolmong dan masker bantuan lainnya dari Pemprov Sulut.

“Sudah disediakan, ada 325 ribu masker yang disiapkan untuk masyarakat Bolmong. Pada pembagian ini diharuskan setiap orang mendapatkan 2 masker. Dari total jumlah jiwa di Bolmong tentu ini tidak mencukupi jika dibagi 2 masker per orang. Nah sisanya darimana? Itu bantuan dari bapak Gubernur Olly Dondokambey yang sudah berjanji kepada saya akan menambahkan masker lagi jika Bolmong masih membutuhkan,” tandasnya.

Bupati Yasti Serahkan Bantuan di Kecamatan Poigar, Bolaang Timur dan Bolaang Berita Bolmong

Terpisah, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bolmong Abdul Haris Bambela mengungkapkan, penerima bantuan paket sembako tahap II di tiga kecamatan yang disalurkan mencapai 3.448 KK.

“Masing-masing di kecamatan Poigar ada 1.527 KK, Kecamatan Bolaang 1.399 KK dan di Bolaang Timur 522 KK,” bebernya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Asisten I Setda Bolmong Deker Rompas, Asisten II Zainudin Paputungan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) I Nyoman Sukra, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), para Sangadi (Kades) serta para penerima bantuan secara simbolis. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top