Berita Bolmong

Calon Penerima RTLH Tahun 2021 di Passi Barat Diverfikasi

Calon Penerima RTLH Tahun 2021 di Passi Barat Diverfikasi Berita Bolmong
Ma'rief Mokodompit
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Dinas Sosial (Dinsos) Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai melakukan verifikasi dan validasi data calon penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun 2021 yang dibiayai APBN di Kecamatan Passi Barat.

Verifikasi dan validasi mulai dilakukan Kamis (27/2/2020) kemarin. Lima desa di Kecamatan Passi Barat yang mendapat jatah RTLH tahun 2021, yakni Desa Bulud, Desa Muntoi, Desa Bintau, Desa Passi II,  dan Desa Otam Barat.

Selain Dinsos, yang turun melakukan verifikasi dan validasi juga dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Passi Barat, dan tenaga pendamping Program Keluarga Harapan (PKH).

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinsos Bolmong, Subhan Paputungan, mengatakan bahwa RTLH Tahun 2021 melalui APBN, proses verifikasi dan validasi data sudah harus dilakukan mengacu pada data base yang ada.

Kemarin tim yang turun melakukan verifikasi dan validasi lebih dulu melakukan arahan teknis kepada para sangadi (kepala desa) terkait dengan masing-masing desa.

“Nantinya data yang ada diverifikasi dan validasi bersama tentang kelayakan penerima program RTLH,” ungkap Subhan.

TKSK Passi Barat, Febbie Mokodongan juga mengatakan bahwa untuk usulan dari desa benar-benar akan diverifikasi dan validasi, kemudian dikaji bersama tim kecamatan.

“Setelah dikaji bersama, selanjutnya akan diteruskan ke dinas sosial,” katanya.

Sementara itu, Camat Passi Barat Ma’rief Mokodompit menyatakan, pihaknya akan melakukan pendampingan agar usulan dan calon penerima bantuan ini tepat sasaran.

“Koordinasi juga akan rutin dilakukan sehingga setiap kendala dalam proses verifikasi dan validasi dapat terselesaikan sebelum disampaikan kepada Dinsos Bolmong untuk diteruskan lebih lanjut,” ujar Ma’rief.

Ma’rief berharap pemerintah desa benar-benar mengusulkan masyarakatnya yang masuk dalam data base nasional sebagai penerima yang layak atas program pemerintah tersebut. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top