Dinsos Bolmong Latih 35 Anggota Tagana
Dinsos Bolmong Latih 35 Anggota Tagana Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar pelatihan kepada 35 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana), di Aula Kantor Dinsos, Kecamatan Lolak, Rabu (31/7/2019)

Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesra, Muhamad Yudha Rantung, membuka pelatihan ini.

Dalam sambutannya, Yudha, mengapresiasi palatihan tersebut. Menurutnya, pelatihan penting dilakukan mengingat telah beberapa kali terjadi bencana alam di Bolmong.

“Saya harap peserta bisa mencermati dengan baik isi dari materi yang disampaikan selama pelatihan,” ucap Yudha didampingi Kepala Dinsos Bolmong, Abdul Haris Bambela.

Dalam rangka penanganan bencana, Yudha, berharap visi misi Tim Tagana  harus satu arah, seiring berjalan bersama, dan harus siap setiap saat.

“Harus satu visi, karena menurut saya kalian merupakan utusan yang terpilih karena di saring mulai dari Karang Taruna di kelurahan dan desa masing-masing, pramuka, dan berbagai organisasi pemuda lainnya yang punya kemampuan brilian,” ujarnya.

Di sela sambutannya, Yudha, sedikit menceritakan pengalaman pribadinya yang pernah memimpin satgas penanganan bencana, dan telah melewati 10 tahun lamanya menjadi ketua Kwarcab Pramuka.

“Sebelumnya saya pernah melewati itu. Harapan saya kepada anggota Tagana harus paham tupoksi, sesuai dengan ikrar Tagana,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, bencana menurut para ahli tidak pernah diprediksi, tetapi lewat peningkatan keilmuan seperti adanya pelatihan ini, setidaknya tim Tagana ini bisa lebih awal mendeteksi apa yang akan terjadi.

“Contohnya di Desa Nanasi, ada alat pendeteksi Tsunami. Sbagai tim harus mempelajari dengan baik teknologi seperti itu serta wajib tahu membaca apa yang akan terjadi sebelum bencana datang,” kata Yudha.

Di akhir sambutanya, Ia juga berharap agar Kadis Dinsos bisa membentuk tim Tagana bukan hanya di tingkatan kabupaten, tapi juga harus dibuat di tingkat Kecamatan.

Pelatihan ini digelar sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Nomor 28 tahun 2014 tentang Tagana, dan Surat keputusan (SK) Bupati Nomor 201 Tahun 2019 tentang Penetapan Narasumber, instruktur, dan pelatihan Tagana. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top