Berita Bolmong

Distribusi Bansos Tahap Empat di 15 Kecamatan Tuntas

Distribusi Bansos Tahap Empat di 15 Kecamatan Tuntas Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG- Bantuan Sosial (Bansos) tahap empat untuk masyarakat terdampak Covid-19 tuntas disalurkan oleh Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk di 15 Kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Jumat (2/10/2020), Kecamatan Lolayan merupakan kecamatan terakhir yang dikunjungi oleh top eksekutif ini setelah sebelumnya penyerahan bantuan yang sama juga sudah dilakukan di 14 kecamatan lainnya.

Distribusi Bansos Tahap Empat di 15 Kecamatan Tuntas Berita Bolmong

Bupati Yasti dalam sambutannya mengungkapkan, penerima semua bantuan di Kabupaten Bolmong, baik penerima PKH, BPNT, BST, APBD maupun BLT Dana Desa (Dandes) jumlahnya lebih dari 80 ribu KK. Artinya jika dalam satu kepala keluarga ada tiga orang, berarti sudah 240.000 jiwa. Sedangkan jumlah penduduk Bolmong 249.700 jiwa.

“Kalau dalam presentase, berarti tinggal 5 persen yang masih belum menerima bantuan baik yang bersumber dari APBD maupun APBN. Bisa dibilang tinggal ASN yang tidak menerima bantuan ini. Ini juga merupakan bentuk perhatian serta kepedulian Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Daerah dalam menjaga ketahanan pangan guna menghadapi pandemi Covid-19,” jelas Yasti.

Distribusi Bansos Tahap Empat di 15 Kecamatan Tuntas Berita Bolmong

Bupati mengatakan bahwa untuk bantuan tahap V, VI dan VII, nantinya akan diserahkan pada akhir bulan Oktober hingga awal bulan November. Kemudian untuk penyaluran bantuan ke VIII dan IX akan disalurkan di awal bulan Desember.

“Bantuan berikutnya, masyarakat akan menerima paket bahan pokok dan sembako 3 kali. Nantinya akan diserahkan akhir Oktober atau awal November,” jelasnya.

Yasti mengungkapkan se-Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hanya Bolmong yang berani memberikan bantuan pangan kepada masyarakatnya selama 9 Bulan.

Distribusi Bansos Tahap Empat di 15 Kecamatan Tuntas Berita Bolmong

“Bantuan ini akan diberikan hingga Desember 2020 nanti. Artinya, Pemkab Bolmong sangat serius memberikan bantuan selama 9 bulan kepada masyarakat supaya ketahanan pangan bisa terjaga di masa pandemi. Insyallah dengan adanya bantuan ini, orang desa akan selalu sehat kuat dan menang melawan covid-19.

Baca Juga :  Tiga Warga Tombolikat Pembuat Laporan Palsu Diringkus Sat Reskrim Polres Boltim

Sementara, selalu setiap sambutannya tak henti-hentinya Yasti mensosialisasikan akan pentingnya penerapan protokol Covid-19 dalam aktifitas sehari-hari dengan cara melaksanakan 3 M.

Distribusi Bansos Tahap Empat di 15 Kecamatan Tuntas Berita Bolmong

“3 M yang dimaksud yakni Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, dan Menjaga jarak. Ini penting untuk diterapkan sehari-hari, agar bisa bebas dari belenggu covid-19,” terangnya.

Bupati Yasti juga meminta para Camat dan Sangadi (Kepala Desa) agar wajib sosialisasikan program 3 M kepada setiap warga yang berada di wilayahnya.

“Sebelumnya kita sudah Vidcon dengan Pemerintah Pusat, dimana seluruh Kabupaten Kota diharuskan gencar mensosialisasikan terkait penerapan 3 M ini hingga ke tingkat desa, maka dengan itu saya meminta para Camat dan Sangadi agar kooperatif dengan himbauan ini,” kata Yasti

Sekadar diketahui, total penerima bantuan baik dari APBD dan APBN yang di top up oleh Pemkab Bolmong sebanyak 19.373 Kepala Keluarga (KK). Yang dibiayai penuh dari APBD yakni 9.170 KK namun penerima dari APBN seperti penerima BST dan penerima bantuan dari Kementerian Kelautan di top up juga dari APBD agar ada kesamaan. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top