DLH Bangun Bank Sampah di Dumoga Berita Bolmong
Abdul Latif
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Desa Ibolia, Kecamatan Dumoga Barat dan Desa Mopuya, Kecamatan Dumoga Utara, akan menjadi tempat pembangunan bank sampah.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Abdul Latif. “Di dua kecamatan ini yang pertama kali dilaksanakan pembangunan bank sampah,” kata Latif, Rabu (4/7/2018).

Dia menjelaskan, untuk anggaran sudah disiapkan. “Dua unit bank sampah ini sudah mempunyai kelompok yang nantinya akan mengelolah. Sedangkan untuk pembangunan dan alat-alat pendukung juga kita adakan,” ujarnya.

Ia menyebut, program pembangunan bank sampah ini dimaksudkan agar masyarakat bisa mengolah sampah menjadi hal yang berdampak ekonomis, baik untuk kelompok maupun masyarakat sekitar.

Selain itu, akan dilakukan pendampingan dan pembinaan kepada kelompok, dan juga nanti ada dari pihak Satker TP3SR Pemprov Sulut yang ikut mendampingi. “Sehingga kelompok ini yang mengelolah sampah, mana sampah organik dan anorganik yang bisa berdampak ekonomis kepada kelompok mau pun masyarakat,” jelasnya.

Bagi desa-desa maupun kelurahan yang nantinya ingin dibangunkan bank sampah. Pihak DLH siap memfasilitasi. Asalkan ada lahan dan kelompok pengelolahnya. “Kalau ada lahan yang siap untuk dibangun bank sampah, silahkan usulkan ke DLH,” tukasnya. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top