Berita Bolmong

Dorong Pengembangan Posyandu dan Program Germas 

Kroniktotabuan.com
Dorong Pengembangan Posyandu dan Program Germas  Berita Bolmong Berita Daerah

Koordinasi Pokjanal Posyandu tingkat kabupaten dan kota di Hotel Atlantik, Kelurahan Inobonto, Kecamatan Bolaang.

BOLMONG– Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Bolmong terus berupaya melakukan perbaikan dalam pelaksanaan program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan Posyandu.

Hal ini dapat dilihat melalui adanya kegiatan Koordinasi Pokjanal Posyandu tingkat kabupaten dan kota yang digagas Dinkes Sulut dan Bolmong bertempat di Hotel Atlantik, Kelurahan Inobonto, Kecamatan Bolaang, Rabu (30/8).

Kegiatan ini dibuka Kepala Dinkes Bolmong Julin Papuling, dihadiri unsur ASN dan kepala SKPD. “Tujuan kegiatan ini untuk menyamakan persepsi antara pemerintah dan stakehokder dalam meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat,” kata Yulin.

Selain itu, untuk meningkatkan kepedulian dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan Posyandu. “Sinergi program dan pengembangan Posyandu, penguatan dalam mewujudkan Germas, melakukan evaluasi pelaksanaan Posyandu yang disesuaikan dengan strategi pengembangan dan kebijakan,” ujar Yulin.

Kegiatan itu dibiayai melaui DIPA Satker  Dinkes  Sulut dengan melibatkan peserta dari lintas sektor dan program. “Ini juga merupakan bagian dari program promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat,” ucapnya.

Terkait program Germas, Yulin menegaskan telah diprogramkan dan ditegaskan Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Kesehatan. “Bolmong sudah beberapa kali melakukan kegiatan Germas. Ada juga edaran yang siap diturunkan pada OPD, PKK, LSM dan masyarakat,” paparnya.

Ada tujuh program sasaran Germas. Di antaranya, melaksanakan aktifitas fisik, makan buah dan sayur, deteksi dini atau pemeriksaan rutin kesehatan, pola hidup bersih dan sehat, tidak merokok, tidak mengkonsunsi alkohol dan lingkungan bersih.

“Mari kita wujudkan program Germas agar Indonesia sehat, Bolmong sehat dapat terwujud dengan bergandengan tangan bersama,” jelas Yulin.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat (Promkes & PM) Dinkes Sulut Rima F Lolong mengatakan, khusus di kabupaten dan kota yang ada di Bolmong Raya, hanya Bolmong dan Kotamobagu yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan ini.

Baca Juga :  Tatong Titip Pesan Ini ke Kepala SKPD, Camat dan Lurah

Menurutnya, pengembangan Posyandu harus dilakukan. “Kesehatan adalah milik kita semua. Untuk program ini, pengembangan Posyandu di kabupaten dan kota menjadi wajib dilakukan,” pungkasnya. (ahr/rab)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top