Kroniktotabuan.com

 Pedagang sayuran melayani calon pembeli di Pasar Tradisional, Cikurubuk, Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (5/8). Pasca Lebaran harga komuditas sayuran di Tasikmalaya berangsur turun setelah mengalami kenaikan saat Lebaran. Cabe merah dari harga  Rp 25.000 manjadi Rp 20.000 per kilogram, bawang merah Rp 25.000 menjadi Rp 20.000 per kilogram, tomat Rp 10.000 menjadi Rp 6.000 per kilogram. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/ss/mes/14

ANTARA FOTO/Adeng Bustomi.

LOLAK – Jelang perayaan Natal dan Tahun baru, harga bawang rica dan tomat (Barito) di pasaran mengalami penurunan. Selain itu, stok juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan warga.

“Harga barito memang stabil dan stok juga tersedia,” kata Fandri Mamonto, warga Lolak.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Bolmong, Helmida Mokodongan, mengatakan, memang saat ini harga relatif mengalami penurunan. “Ada juga yang masih stabil, di minggu ke dua bulan Desember ini.”

Meski hampir semua rempah dan bumbu mengalami penurunan harga, bawang putih tetap bertahan pada harga yang relatif tinggi. “Minggu pertama Desember harga bawang putih ada dikisaran Rp40 ribu per kilogram. Hanya saja pada minggu kedua, sudah naik harga menjadi Rp45 ribu per kilogram,” jelas Helmida.

Salah satu penyebab harga bawang putih naik karena stok dalam daerah tidak mencukupi. Sehingga harus impor dari wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara. “Tapi ada juga yang dari pulau Jawa di Brebes, sehingga saat ini banyak bawang dari Brebes yang beredar di pasar Bolmong,” katanya. (ahr)

Silahkan Berkomentar dengan Bijak, Menggunakan Akun Facebook Anda :

To Top