Berita Bolmong

Hari Ini Genap Enam Bulan, Yasti Sudah Punya Kuasa Roling

Hari Ini Genap Enam Bulan, Yasti Sudah Punya Kuasa Roling Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com

 Hari Ini Genap Enam Bulan, Yasti Sudah Punya Kuasa Roling Berita Bolmong Berita Daerah

BOLMONG– Rabu (22/11/2017) hari ini, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk genap enam bulan memimpin. Keduanya dilantik oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey pada 22 Mei 2017.

Dengan demikian, mulai esok dan seterusnya, Bupati Yasti sudah memiliki kuasa melakukan roling jabatan terhadap seluruh pejabat di Bolmong. Roling yang sejak awal pemerintahannnya sudah dihembuskan, sudah di depan mata.

Sebagaimana yang selalu ditegaskan Yasti, roling akan digelarnya setelah pemerintahannya genap enam bulan agar tak menyalahi aturan

“Hasil kajian Baperjakat sudah lama ada. Begitu juga rekomendasi BPK, gubernur dan rekomendasi dari Kemendagri. Tapi nanti lewat enam bulan pemerintahan baru roling dilaksanakan,” kata Yasti belum lama ini saat bersua wartawan.

Yasti menyebut sudah mengantongi evaluasi kinerja pejabat sehingga sudah tahu siapa yang layak dipertahankan dan tidak.

“Kita akan lihat, Kalau kinerjanya baik dan saya sayang mereka, tentu akan dipertahankan. Tapi kalau tidak tetap akan diroling,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong Hamri Binol mengatakan,roling pejabat untuk pemerintahan baru telah diatur dalam Undang- Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, khususnya Pasal 162 ayat 3.

“Gubernur, bupati, atau wali kota dilarang melakukan penggantian pejabat di lingkungan pemerintah provinsi atau kabupaten/kota dalam jangka waktu enam bulan terhitung sejak tanggal pelantikan,” kata Hamri.

“Saat ini bupati sudah enam bulan menjabat. Jadi soal pelaksanaan roling jabatan sudah menjadi hak prerogatif bupati,” ujar Hamri. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top