Berita Bolmong

Jamin Ketersediaan Bahan Pokok, Di Bolmong Pasar dan Warung Tetap Beroperasi Normal

Jamin Ketersediaan Bahan Pokok, Di Bolmong Pasar dan Warung Tetap Beroperasi Normal Berita Bolmong
Pasar tradisional di Kecamatan Lolak. (f: google/kliksulut)
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Termasuk mejaga ketat perlintasan orang dan kendaraan di perbatasan dengan Minahasa Selatan yang merupakan akses masuk dari Manado.

Namun demikian, Pemkab Bolmong tidak pernah berupaya membatasi apalagi menutup operasional pasar tradisional. Apalagi usaha kecil seperti warung.

Bahkan untuk memperkuat agar kegiatan operasional pasar berjalan normal, Pemkab Bolmong mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 800/setdakab/09/49/III/2020 tertanggal 26 Maret Tahun 2020 yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang.

Baca Juga: Perlintasan Orang di Perbatasan Diawasi Ketat 24 Jam, Bupati Yasti Keluarkan Surat Edaran. Baca Isinya!

Dalam surat tersebut menegaskan bahwa, aktivitas jual beli kebutuhan pokok barang penting dan kebutuhan lainnya di pasar rakyat tidak dapat dihentikan atau ditutup.

Alasannya, jika ditutup akan mengganggu ketersediaan bahan pasokan dan kelancaran distribusi barang di masing-masing wilayah.

“Belum ada edaran Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Bupati Bolmong terkait penghentian sementara aktivitas pasar rakyat di masing-masing wilayah atau kecamatan,” ujar Tahlis.

Selain itu Maklumat Kepala Kepolisian Republik Negara bernomor 2/IIII/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah daam penanganan virus Covid-19, tidak termasuk penghentian sementara aktivitas pasar.

“Penghentian sementara dapat dilaksanakan apabila Pemkab Bolmong atau yang diberikan kewenangan dapat bertanggungjawab untuk menyuplai secara langsung bahan pokok atau barang penting lainnya sampai ke tingkat rumah tangga, atau telah ada keputusan darurat dari otoritas yang berwenang,” kata Tahlis menjelaskan.

Warung kecil milik warga di Bolmong juga dibiarkan beroperasi sampai malam. Namun pemerintah menganjurkan agar pedagang dan pembeli selalu memerhatikan kebersihan, dan menghindari terjadinya kerumunaan atau orang yang berkumpul dalam jumlah banyak.

Baca Juga :  Pedagang Dilarang Mainkan Harga Bapok 

“Ketersediaan kebutuhan bahan pokok di pasar, di retail dan warung, selalu kita pastikan aman. Dan distribusinya lancar,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Bolmong, Tony Toligaga baru-baru ini. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top