Berita Bolmong

Jelang Idul Fitri, Kebutuhan LPG Meningkat

Jelang Idul Fitri, Kebutuhan LPG Meningkat Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com
Jelang Idul Fitri, Kebutuhan LPG Meningkat Berita Bolmong Berita Daerah

Ilustrasi

BOLMONG– Menjelang Idul Fitri 1438 Hijriyah, permintaan terhadap LPG (liquified petroleum gas) di Kabupaten Bolaang Mongondow terus meningkat. Bahkan, telah ketambahan 407.100 kilogram atau sekitar 10 persen dari jatah per-tahun 4.071.000 kilogram.

Diketahui, untuk kebutuhan Ramadhan, rumah tangga sering menggunakan LPG mulai dari masak saur, buka puasa hingga membuat kue kering. “Jika pada hari biasa sebelumnya, Bolmong mendapat jatah 11.308 kg per hari, maka saat Ramadhan dan menyambut Idul Fitri ini, menjadi 24.878 kg per hari atau ketambahan 13.570,” kata Kepala Dinas Perdangan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Bolmong, George Tanor.

Selain itu, bertambahnya pasokan LPG dapat mengantisipasi agar tidak mengalami krisis selama Ramadhan dan saat hari raya Idul Fitri. “Kita pastikan tidak ada kekurangan LPG di Bolmong, saat menyambut Idul Fitri,” katanya.

Dia menjelaskan, ribuan tabung LPG disuplai oleh dua agen, sedangkan harga jualnya mengikuti HET (harga eceran tertinggi). Jika agen tidak mengikuti HET, maka akan dikenakkan sanksi hingga pencabutan izin. “Harga di warung atau pengecer memang bervariasi tapi tidak terlalu jauh dengan harga yang dibeli di agen karena mempertimbangkan jarak,” ujarnya.

Dirinya mengimbau semua pihak termasuk warga untuk sama-sama mengawasi, jangan sampai terjadi penimbunan LPG. “LPG sudah menjadi kebutuhan warga, makanya semua pihak harus mengawasi penyalurannya agar tidak terjadi penimbunan,” tandasnya.  ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top