Berita Bolmong

Jelang Natal dan Tahun Baru, Yanny Ajak Warga Jaga Kerukunan

Kroniktotabuan.com
Jelang Natal dan Tahun Baru, Yanny Ajak Warga Jaga Kerukunan Berita Bolmong Berita Daerah

Yanny Ronny Tuuk

BOLMONG–  Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, Wakil Bupati Bolmong, Yanny Ronny Tuuk, mengajak masyarakat agar tetap merawat hubungan kebersamaan dan menjaga keamanan serta ketertiban di tiap wilayah.

Bolmong sebagai daerah yang menjunjung tinggi kebersamaan dan toleransi harus selalu dijaga. Kebersamaan dan kekeluargaan, kata Yanny, adalah kekuatan utama.

Kerukunan di Bolmong, lanjut Yanny, sudah diakui secara nasional. Bahkan di Bolmong telah memiliki desa sadar kerukunan, yaitu desa transmigran yang terkenal dengan masyarakatnya yang multi etnis dan multi agama.

Di desa tersebut terdapat tiga rumah ibadah berdampingan yakni Masjid Al-Muhajirin, Gereja GMIBM dan Pura Puseh.

“Ketiga bangunan sakral ini kerap diabadikan sebagai potret kerukunan yang ada di Sulawesi Utara. Sebagai penghargaan atas kerukunan yang telah terjalin selama puluhan tahun itu, Desa Mopuya Selatan ditetapkan sebagai satu-satunya Desa Sadar Kerukunan Sulawesi Utara,” ungkapnya.

Dia juga meminta semua pihak terus menjaga kerukunan dalam segala lini kehidupan. “Saya berharap semua desa yang ada di Bolmong, dapat meneladani Desa Mopuya Selatan. Bagaimana seluruh pemerintah tingkat desa dan kecamatan serta tokoh agama dan masyarakat saling bersinergi untuk senantiasa menjaga kehidupan yang harmonis, rukun, dan damai,” kata Yanny.

Menurutnya desa-desa lain pasti bisa mengikuti jejak Mopuya Selatan menjadi ikon Desa Sadar Kerukunan, terlebih saat ini kerukunan menjadi satu-satunya kondisi yang menjamin sebuah daerah multikultur bisa maju dan berkembang.

“Bayangkan jika daerah kita yang terdiri dari berbagai suku dan agama tidak hidup rukun. Sudah pasti akan terjadi konflik dimana-mana. Pembangunan terhambat, ekonomi lesu, yang lebih parah lagi terjadi perang dan kekerasan. Tapi patut di syukuri, bolmong tetap hidup rukun dan damai sampai saat ini,” terangnya.

Karena itu ia mengajak seluruh stakeholder untuk bergandengan tangan, bersinergi, dan bekerja sama mewujudkan Tanah Totabuan sebagai tanah yang aman, rukun, dan damai.

“Kalau sekarang Desa Mopuya Selatan dinobatkan sebagai Desa Sadar Kerukunan, maka ke depan kita harus pastikan Kabupaten Bolmong menjadi Kabupaten Sadar Kerukunan. Untuk itu ayo kita bekerja sama, pemerintah dan masyarakat harus bergandengan tangan mewujudkan tekad ini,” pungkasnya. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top