Jumlah Ibu Hamil di Bolmong Turun Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Di tengah pandemi virus Korona atau Covid-19, jumlah ibu hamil di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menurun.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bolmong, I Ketut Kolak saat ditemui di ruang kerjanya, Senjn (18/5/2020).

“Jumlah ibu hamil selang Januari- Maret 2020 sebanyak 1.120 orang. Angka itu jika dibandingkan dengan bulan Januari-Maret tahun 2019 lalu, terjadi penurunan sebanyak 4 orang,” beber Kolak.

Menurutnya, hal itu menunjukan bahwa pada masa kedaruratan kesehatan masyarakat di tengah wabah Covid-19, belum terjadi perubahan yang signifikan terhadap angka kehamilan di Bolmong.

Menurutnya, ada beberapa kemungkinan terkait hal tersebut. Di antaranya, pemberlakuaan aturan masa kedaruratan Covid-19 dimana salah satu poin didalamnya yaitu melarang  masyarakat untuk mengadakan acara pertemuan, perkumpulan atau kegiatan pesta.

“Sehingga sebagaian calon pasangan usia subur (PUS) yang sudah merencanakan pelaksanaan acara pernikahanya, menunda untuk sementara waktu acarannya. Sementara ada juga PUS yang sudah mengalami manapause. Itu juga tentunya berdampak pada angka kehamilan,” katanya menjelaskan. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top