Berita Bolmong

Kecamatan Dumoga Bersatu Titik Pertama Pelaksanaan Pra Musrenbang

Kecamatan Dumoga Bersatu Titik Pertama Pelaksanaan Pra Musrenbang Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG  Senin (27/1/2020), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) mulai menggelar pra Musrenbang.

Titik pertama pelaksanaan pra Musrenbang di 5 kecamatan yang tersebar di wilayah Dumoga Bersatu. Yaitu Kecamatan Dumoga Timur, Dumoga Tenggara, Dumoga Tengah, Dumoga Barat, dan Dumoga Utara.

Kepala Bappeda Bolmong Yarlis Hatam, dalam penyampaianya mengatakan, Pra Musrenbang dilaksanakan untuk mempermudah proses penginputan sebelum digelarnya Musrenbang tingkat Kecamatan.

Kecamatan Dumoga Bersatu Titik Pertama Pelaksanaan Pra Musrenbang Berita Bolmong

“Hal ini untuk lebih mempermudah ketika melakukan penginputan seluruh usulan dari setiap desa. Untuk pra-Musrenbang sendiri, kita fokus pada penginputan seluruh usulan dari masing- masing desa. Karena, dalam sistem nanti hanya ada 5 usulan yang bakal menjadi skala prioritas dari tiap desa,” kata Yarlis menjelaskan.

Ia berharap, setiap utusan kecamatan yang mengikuti pra Musrenbang sudah berembuk dari masing-masing desa terkait apa yang menjadi skala prioritas.

“Agar pada penginputan nanti sudah tidak ada lagi kendala yang dihadapi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda, Susanti Haji Ali, yang turun langsung mendampingi jalannya pra Musrenbang Kecamatan tersebut mengatakan, pra Musrenbang kecamatan dibuat dan dilaksanakan untuk menyampaikan hasil musyawarah tingkat desa.

“Jadi pra Musrenbang tingkat Kecamatan ini, kita tidak lagi musyawarah secara gamblang. Namun, sudah ada penentuan dari musyawarah tingkat desa,” katanya.

Kecamatan Dumoga Bersatu Titik Pertama Pelaksanaan Pra Musrenbang Berita Bolmong

Ia menambahkan, pra Musrenbang kecamatah tersebut, selain menerima usulan-usulan dari hasil musyawarah tingkat desa, juga untuk melakukan sinkronisasi dengan Renja Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Jadi ketika OPD membuat renja dan ada usulan dari kecamatan yang nantinya bersifat penting berarti OPD harus meng-covernya dalam renja awal,” ucapnya.

Kecamatan Dumoga Bersatu Titik Pertama Pelaksanaan Pra Musrenbang Berita Bolmong

Lanjut dia, setelah selesai dari pra musrenbang kecamatan, ketika Desa mulai menginput user masing-masing, maka berhak meneruskan ke kecamatan. 

“Kecamatanlah yang nanti akan mengklasifikasi sesuai program kegiatan per bidang. Selanjutnya, pada tahapan Musrenbang Kecamatan nanti, nah baru Kecamatan yang akan menentukan prioritas setiap desa dan diteruskan ke OPD,” pungkasnya. (adv)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top