Kemenag Tetapkan Zakat Fitrah Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com
Kemenag Tetapkan Zakat Fitrah Berita Bolmong Berita Daerah

Tavip Pakaya

BOLMONG– Memasuki minggu kedua Ramadhan, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow resmi menetapkan Zakat Fitrah dan telah dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) tentang kewajiban membayar zakat fitrah bagi umat Islam Tahun 2017/1438 Hijriyah (H).

Kepala Kemenag, Tavip Pakaya melalui Kepala Sub Bagian TU Shabri M Bora mengatakan SK telah terbitkan yakni Kankemenag Bolmong Nomor B-1631/KL.23.01.06/HK.0.5/6/2017 tentang kewajiban membayar zakat fitrah bagi umat Islam di Bolmong.

SK tersebut akan diedarkan keseluruh Imam dan pegawai shar’i untuk diumumkan kepada masyarakat. Apalagi, kewajiban membayar zakat fitrah pada bulan ramadhan bagi umat Islam disyariatkan sebesar satu sha’ atau 2,5 Kg beras per jiwa dari makanan pokok sehari-hari.

Adapun yang akan membayar zakat fitrah dalam bentuk uang ditetapkan Rp.11.000 per Kg dikali 2,5 Kg beras untuk beras kelas satu seperti superwin atau Rp.27.500 per jiwa, beras kelas dua seperti pilihan, serayu Rp.10.000 per Kg dikali 2,5 Kg atau Rp. 25.000 per jiwa. Kelas tiga Rp7500 per Kg dikali 2,5 Kg atau Rp18.750 per jiwa. “Keputusan ini adalah sebagai petunjuk standar minimal lebih dari itu tidak masalah. Kalau ada yang sampai 100 ribu juga tidak masalah,” kata Shabri.

Selain itu, Infaq juga telah ditetapkan yakni bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan sebesar Rp15.000 per jiwa. Sedangkan bagi masyarakat Non PNS sebesar Rp7500per jiwa. “Zakat Fitrah dan Infaq dapat diserahkan ke UPZ desa UPZ dinas instansi untuk selanjutnya disetorkan ke rekening Baznas Kabupaten Bolmong. UPZ adalah unit Baznas yang ada di Kecamatan dan Desa. Bisa juga disetor langsung ke rekening Baznas,” tandasnya. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top