Senin, 18 Desember 2017
Tetaplah Terhubung dengan Kami : RSS/Feed Facebook Twitter

Depan » Bolmong, Daerah » Masud Lauma Terpilih Ketua Kerukunan Keluarga Motobatu Lolayan
Selasa 5 Desember 2017, 5:50 PM - Editor: admin

Masud Lauma Terpilih Ketua Kerukunan Keluarga Motobatu Lolayan


Pertemuan Kerukunan Keluarga Motobatu Lolayan baru-baru ini.

BOLMONG– Anggota DPRD Bolmong Masud Lauma terpilih menjadi ketua Kerukunan Keluarga Motobatu Lolayan (KKML). Kerukunan ini berawal dari kegiatan arisan keluarga Inanakan Simbala yang terbentuk lima tahun lalu dan terus terjaga dengan anggota mencapai ratusan orang.

Perkumpulan kerukunan keluarga ini konsisten mempertahankan tradisi musyawarah dan gotong royong sebagai budaya dan kearifan lokal Bolaang Mongondow.

“Dalam sebulan dilaksanakan dua kali pertemuan kerukunan keluarga dengan melalui arisan. Ini untuk lebih mempererat hubungan sesama masyarakat dan keluarga,” ujar Masud, Selasa (5/12/2017).

Selain arisan, kerukunan ini juga akan saling membantu jika ada anggota yang terkena musibah atau sakit, bahkan untuk pelaksanaan hajatan nikah.

“Kalau untuk sakit kita ada dana sehat. Sedangkan untuk hajatan pesta pernikahan dan lainya, kita ada kumpulan. Artinya semua anggota kerukunan gotong royong dalam membantu pemilik hajatan agar dalat terlaksana dengan baik. Namanya kumpulan keluarga,” kata Masud.

Menariknya, kerukunan ini terbuka untuk semua masyarakat di Kecamatan Lolayan. Bahkan, ada empat kepala desa di Kecamatan Lolayan yang ikut bergabung dalam kerukunan ini. Mereka adalah kepala desa Mopusi, Matali Baru, Tanoyan Selatan dan Abak.

“Siapa pun bisa bergabung dalam kerukunan ini. Tentu dengan konsep yang ada yakni arisan dan kumpulan hajatan,” kata Masud.

Kepala Desa Tanoyan Selatan, Urip Detu mengatakan, kerukunan dan kekeluargaan harus dapat dilestarikan dalam kehidupan bersosial dan bermasyarakat.

“Semoga kerukunan ini dapat terus mempertahankan tradisi dan budaya gotong royong serta musyawarah di kalangan masyarakat. Ini sangat posifif,” ujar Urip.

Sekadar diketahui, kerukunan ini menggelar arisan dengan modal dasar Rp50 ribu untuk setiap anggota. Sedangkan untuk hajatan pesta pernikahan, baca doa syukuran dan lainya, setiap anggota menyiapkan kumpulan ayam dan daging sapi yang akan diberikan kepada keluarga yang melaksanakan hajatan. (ahr)




Redaksi: kroniktotabuan@gmail.com
Untuk pemasangan iklan hubungi:
081242786657