Berita Bolmong

Pejabat Eselon II dan III Pemkab Bolmong Diswab

Pejabat Eselon II dan III Pemkab Bolmong Diswab Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG- 38 kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong) diswab test oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Manado, Kamis (27/8/2020), di kantor Bupati Bolmong.

Pejabat Eselon II dan III Pemkab Bolmong Diswab Berita Bolmong

Swab test ini juga melibatkan Gugus Tugas Covid-19 dan Dinas Kesehatan Bolmong. Ini adalah tindak lanjut penanganan Covid-19, yaitu dengan melakukan screening pada kelompok perkantoran yang rentan terpapar virus.

Pejabat Eselon II dan III Pemkab Bolmong Diswab Berita Bolmong

Sejak pagi sekira pukul 08.30 WITA para pejabat eselon II dan III diambil sampel lendir dari dari dalam hidung maupun tenggorokan. Sekda Bolmong Tahlis Gallang termasul yang diswab.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Bolmong, Erman Paputungan mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Sulut bersama Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bolmong.

“Yang di tes swab tak hanya para kepala dinas, Sekretaris SKPD bersama Kasubag Program maupun staf juga diswab,” ujar Erman.

Pejabat Eselon II dan III Pemkab Bolmong Diswab Berita Bolmong

Erman juga mengungkapkan, dalam kegiatan tersebut Dinkes Bolmong mengutus sebanyak 6 orang untuk mengambil sampel.

“Kalau yang dari Provinsi hanya tenaga administrasinya saja, sementara petugas yang mengambil sampel itu dari tim analisis Dinkes Bolmong. Sementara, hasil swabnya akan keluar kurang lebih satu minggu mendatang. Jika ditemukan ada pejabat yang positif maka kita pun akan menganjurkan pejabat tersebut untuk melakukan isolasi mandiri di rumah,” jelasnya.

Lanjutnya, selain lingkungan Pemkab Bolmong, satgas Covid-19 Provinsi Sulut dan Bolmong bakal kembali menyasar spot lainnya.

“Untuk tahap pertama kita baru menyisir perkantoran. Nantinya akan dilanjutkan lagi ke pasar, panti asuhan, dan setiap spot yang dinilai rentan kontak dengan orang banyak,” ujar Erman.

Baca Juga :  Soal APD Langka, Menkeu : Bukan Negara Tak Punya Uang

Kendati begitu, dalam swab test massal ini, Erman berharap semoga tak ada pejabat yang positif Covid-19.

Sementara, menurut Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong, Umarudin Amba mengatakan bahwa pejabat yang diswab test baru terbatas pada eselon II dan III.

“Ini juga baru kepala dinas/badan dan Kasubag Program untuk lingkup dinas/badan. Kalau di sekretariat daerah tidak ada terkecuali. Semua diswab test,” ungkap Amba.

Menurut Amba, swab test ini sangat positif karena bisa memastikan apakah lingkungan kerja di lingkup Pemkab Bolmong aman dari Covid-19 atau tidak.

Namun, secara terpisah, sejumlah pejabat Bolmong mengaku baru pertama kali menjalani swab tes, selain itu ad juga yang deg-degan menunggu hasil swab test yang diketahui akan keluar pekan depan.

“Ini kali pertama saya di swab. Semoga saja semua yang diambil sampel hari ini hasilnya negatif, dan lingkungan kerja kita aman dari Covid-19,” ujar Asisten I Pemkab Bolmong, Deker Rompas.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Bolmong, Tony Toligaga mengaku deg-degan menunggu hasil swab.

“Sampai saat ini saya bersama pejabat lainnya juga masih deg-degan, semoga saja semuanya negatif. Karena repot juga kalau positif,” katanya singkat. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top