Pemkab Bolmong Akan Sekolahkan Petani Berita Bolmong
Yasti Soepredjo Mokoagow
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Petani di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) akan dibekali dengan ilmu pengetahuan soal pertanian melalui sekolah lapang.

Rencananya tahun 2020 mendatang, sekolah lapang akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, dengan adanya sekolah lapang, petani akan memiliki sumber daya manusia mumpuni untuk mengelola lahan yang luas dan subur di daerah ini.

“Sekolah lapang merupakan proses pembelajaran non formal bagi petani untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengenali potensi. Petani juga diajarkan menyusun rencana usaha, identifikasi dan mengatasi permasalahan.”

“Dengan begitu, petani dengan mudah mengambil keputusan dan menerapkan teknologi yang sesuai dengan sumber daya setempat secara sinergis dan berwawasan lingkungan. Sehingga usaha tani lebih efisien, berproduktivitas tinggi dan berkelanjutan,” kata Bupati Yasti pekan lalu.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Bolmong, Remon Ratu menambahkan, program tersebut akan dimasukkan pada kegiatan tahun 2020 mendatang. Dan akan dibuka secara berkelanjutan.

“Nantinya kita akan buat perkelompok tani di tiap kecamatan. Soal jumlah peserta akan kita sesuaikan dengan kemampuan pembiayaan. Initinya, akan dibuat berkelanjutan. Misalnya, untuk tahap pertama dibuka untuk dua kecamatan dulu. Kemudian berikutnya, dianggarkan lagi untuk kecamatan lain,” ungkap Remon. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top