.
Berita Bolmong

Pemkab Bolmong Gelar Upacara Peringatan Hardiknas

Pemkab Bolmong Gelar Upacara Peringatan Hardiknas Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019, bertempat di lapangan upacara, kantor Bupati Bolmong, Desa Lalow, Kecamatan Lolak, Kamis (2/5/2019).

Wakil Bupati (Wabup) Bolmong Yanny Ronny Tuuk bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud-RI) Muhadjir Effendy.

Yanny dalam sambutanya mengatakan, peringatan Hardiknas yang digelar setiap tanggal 2 Mei ini diambil dari hari kelahiran tokoh nasional sekaligus bapak pendidikan Ki Hajar Dewantara.

“Semoga Tuhan memberikan kedudukan yang mulia kepada arwah beliau selaku pejuang pendidikan,” ucap Yanny.

Pada kesempatan itu juga, Yanny mengungkapkan, bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahapan puncak perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April yang lalu. Dilihat dari sudut pandang pendidikan, dalam Pemilu harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara terkait perubahan tingkah laku menuju kedewasaan.

“Dalam hal ini semakin dewasa dalam berdemokrasi. Perlu diketahui, terbentuknya warga negara demokratis merupakan tujuan terbentuknya pendidikan Nasional kita, sebagaimana yang tertera pada undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional,” jelasnya.

Lanjutnya, hal yang lumrah dalam kontestasi demokrasi, selalu meninggalkan jejak-jejak residual yang bisa menimbulkan keretakan bahkan perpecahan.

“Untuk itu dalam momentum seperti ini tanggung jawab Nasional kita sangat dipertaruhkan, yaitu dengan selalu menjaga aset vital bangsa yang tak ternilai harganya seperti tetap menjaga semangat kerukunan, persaudaraan dan persatuan,” ujar Yanny.

Tak hanya itu, di sela sambutan Yanny mengatakan, peserta didik kita saat ini didominasi Generasi Z, yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Dimana, semua informasi dan teknologi lebih mudah diserap secara cepat.

“Hal ini bisa dimanfaatkan oleh guru di setiap sekolah. Yaitu dengan menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya indonesia melalui Tri Pusat Pendidikan, keluarga, sekolah, dan masyarakat,” jelas Yanny

Di akhir sambutan, secara simbolis Wabup Yanny turut pula memberikan penghargaan  sebagai salah satu bentuk terima kasih Pemkab Bolmong kepada Setiap Kepala sekolah (Kepsek) beserta tenaga pendidik SD dan SMP se-Bolmong yang berprestasi, beserta santunan kepada siswa-siswi berprestasi.

Turut hadir saat upacara peringatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, Kepala Dinas Pendidikan Renti Mokoginta, para tenaga pendidik SD-SMP, dan Kepsek se- Bolmong. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top