Pemkab Imbau Warga Waspada Bencana Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com
Pemkab Imbau Warga Waspada Bencana Berita Bolmong Berita Daerah

Channy Wayong

BOLMONG– Akibat cuaca ekstrim yang melanda Kabupaten Bolmong, sepekan terakhir mengakibatkan terjadi tanah longsor  disertai pohon tumbang di jalan Amurang Kotamobagu Dumoga (AKD), tepatnya Desa Komangan, Kecamatan Bolaang. Akibatnya, sempat menyebabkan antrian kendaraan pada ruas jalan utama yang menghubungkan  tiga wilayah tersebut.

“Sejak menerima informasi dari masyarakat, BPBD (Badan Penanggalungan Bencana Daerah) BPBD Bolmong, langsung merespon dengan menurunkan 5 personil TRC (Tim Reaksi Cepat) beserta peralatan untuk melakukan asessment (penilaian) dan mengkondisikan bencana tanah longsor disertai pohon tumbang,” ujar Kepala BPBD Bolmong, Channy Wayong, Senin (6/1).

Untuk memaksimalkan waktu penanganan darurat tersebut, BPBD dibantu masyarakat dengan 1 unit alat berat loader guna membersihkan material longsor ini. “Sehingga jalur transportasi dibuat sistem buka tutup untuk pembersihan longsor ,” katanya.

Tak berselang lama katanya, material longsor sudah dibersihkan dan arus lalu lintas kembali normal. “Ini berkat kerja sama dengan stakeholder dan masyarakat setempat proses pembersihannya berjalan lancar,” katanya.

Ia menghimbau, untuk mengantisipasi kemungkinan longsor susulan, kepada para pengguna jalan yang akan melintasi ruas jalan tersebut, agar lebih meningkatkan kewaspadaan. “Karena diperkirakan cuaca ekstrim untuk wilayah Bolmong, masih berpotensi terjadi beberapa hari ke depan,” katanya. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top