Berita Bolmong

Penanganan Covid-19, DPRD Bone Bolango Puji Kebijakan Pemkab Bolmong

Penanganan Covid-19, DPRD Bone Bolango Puji Kebijakan Pemkab Bolmong Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menerima tujuh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Jumat (26/6/2020).

Para wakil rakyat Bone Bolango datang melakukan studi banding terkait penanganan Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmong.

Kepala Dinsos Bolmong Abdul Haris Bambela mengungkapkan, tujuan studi tersebut tak lain menanyakan terkait bantuan Covid-19, mulai dari proses penganggaran atau refocusing, pengadaan, hingga pelaksanaan penyaluran.

“Semuanya dipelajari oleh mereka, entah itu bantuan yang bersumber dari APBD maupun APBN. Saya juga sempat menjelaskan kepada mereka, bahwa bantuan tahap awal memang sedikit ada masalah yang muncul dari masyarakat karena banyak nama penerima yang ganda, sehingga itu kita perbaiki dan saat penyaluran tahap 2 dan memasuki tahap 3 ini data sudah clear dan tak ada lagi yang komplain. Karena ada yang tadinya tak terakomodir sudah bisa diakomodir, artinya kita sudah memisahkan antara penerima APBD, APBN maupun BLT Dandes, sehingga dipastikan untuk data tahap 3 sudah akan diberlakukan hingga Desember 2020 nanti,” ujar Bambela, Jumat (26/6/2020).

Menariknya, para anggota DPRD tersebut mengapresiasi akan sistem bagi adil dan merata bantuan yang diterapkan Pemda Bolmong kepada masyarakat, karena penerima BPNT dan PKH mendapat top up dari APBD Bolmong.

“Selain itu saya juga mengatakan tak hanya bantuan pangan, Pemda juga menganggarkan bibit dan pupuk untuk petani begitu juga di dinas lain seperti dinas Koperasi dan Dinas Perkebunan,” terang Kanda, sapaan akrabnya.

Bambela mengaku, sebelumnya ia juga telah menerima kunjungan kerja dari DPRD Provinsi Gorontalo. Pekan depan depan pihaknya juga bakal menerima kunker dari Dinsos dan Anggota DPRD Gorontalo Utara.

Baca Juga :  Kemendikbud Siap Merekrut Fasilitator dan Pendamping Program Guru Penggerak

Terpisah, salah satu anggota DPRD Kabupaten Bone Bolango Rusli Zubair Gobel mengatakan, mengacungkan jempol terkait sistem yang diterapkan Pemkab Bolmong guna membantu seluruh masyarakat yang terkena dampak dari Covid-19, karena berani menganggarkan bantuan selama 9 bulan ke depab atau sampai Desember 2020 mendatang.

“Kami sangat mengagumi kebijakan yang diterapkan pimpinan Daerah Bolmong dalam hal ini Bupati Yasti Soerpredjo Mokoagow guna membantu masyarakatnya dalam menghadapi Covid-19. Karena selain bantuan pangan, para petani, nelayan dan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) juga turut menjadi perahatian penuh Pemkab Bolmong. Ini luar biasa,” kata dia.

Mempelajari hal itu, ia pun mengatakan sepulang dari Kabupaten Bolmong, pihaknya akan melakukan hearing kepada Dinas-dinas terkait di Bone Bolango.

“Karena di Kabupaten kita pembagian tahap 2 saja, dinas tidak berani cairkan dan sampai dengan saat ini bantuan belum disalurkan. Semoga dengan studi di Bolmong ini kita bisa terapkan di Kabupaten Bone Bolango,” tandasnya. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top