Berita Bolmong

Pengumuman Guru Kontrak Lulus Hanya Via SMS

Pengumuman Guru Kontrak Lulus Hanya Via SMS Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com
Pengumuman Guru Kontrak Lulus Hanya Via SMS Berita Bolmong Berita Daerah

Masri Dg Masenge

BOLMONG– Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow, Masri Daeng Masenge, menduga ada kongkalingkong dan pungli di Dinas Pendidikan (Disdik) terkait perekrutan guru kontrak tahun 2017.

Salah satu indikasi itu yakni proses pengumuman tidak dilakukan secara transparan kepada publik karena hanya melalui via pesan singkat (SMS), kepada yang lulus.

Bahkan Masri menyatakan, pihaknya telah meminta data nama-nama guru kontrak lulus itu tapi tak pernah diberikan Disdik. “Dari informasi yang kami terima, untuk mengajukan permohonan itu ada imbalan uang ke disdik agar dinyatakan menjadi guru kontrak. Kalau seperti ini maka jelas ada indikasi permainan uang atau pungli yang dilakukan oleh disdik,” kata Masri.

Untuk anggaran perekrutan tenaga guru kontrak di tahun 2017 ini sebesar Rp 1,2 Miliar tapi prosesnya tidak transparan dan menyalahi prosedur. “Saya minta data nama-nama guru kontrak, akan tetapi sampai hari ini tidak diberikan, padahal sebelumnya lewat rapat Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) beberapa bulan lalu. Kepala dinas sempat mengatakan tidak ada penerimaan guru kontrak tahun ini,” jelasnya.

Dia menambahkan, dengan tidak memberikan data siapa saja guru yang dikontrak tersebut, maka Komisi III meminta dilakukan uji publik nama yang dinyatakan lolos sebagai guru kontrak. (ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top