Perbup KTR Diberlakukan Berita Bolmong Berita Daerah
Kroniktotabuan.com
Perbup KTR Diberlakukan Berita Bolmong Berita Daerah

Yasti Soepredjo Mokoagow

BOLMONG– Peraturan Bupati (Perbup) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) mulai diberlakukan. Kabag Hukum Pemkab Boltim Erni Mokoginta mengatakan, mulai saat ini telah dilarang merokok di tempat seperti sekolah, kantor, rumah sakit, tempat ibadah dan tempat umum lainnya.

“Di luar tempat itu warga bebas merokok. Karena kalau melarang di semua tempat, rasanya belum mungkin,” kata Erni, Rabu (19/7).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kesehatan Bolmong Julin Papuling mengakui, Perbup KTR ini belum tersosialisasi secara umum. Namun di setiap pertemuan atau rapat bupati selalu menegaskan larangan merokok.

“Sejak awal Bupati sudah memperingatkan dengan keras di lingkup Pemkab Bolmong untuk tidak merokok,” jelasnya.

Lanjutnya, sanski Perbup ini masih bersifat teguran dan imbauan bagi warga. Sebab belum ada kekuatan hukum tetap untuk memberikan sanski yang lebih dari itu.

“Setelah Perbup ini, kita mempersiapkan untuk Perda Kawasan Tanpa Rokok. Ini agar punya payung hukum lebih kuat dan cakupan lebih luas juga. Penghargaan Paramesti yang diterima Pemkab Bolmong masih tingkat tiga karena mengatur melalui Perbup,” katanya. (ahr/rab)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top