Berita Bolmong

Pertama di Sulut, Diskominfo Bolmong Gelar Pelatihan Tanda Tangan Elektronik

Pertama di Sulut, Diskominfo Bolmong Gelar Pelatihan Tanda Tangan Elektronik Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar pelatihan tanda tangan elektronik melalui Aplikasi e-Dokumen, di aula pertemuan Kantor Bupati Bolmong, Selasa (6/10/2020).

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Parman Ginano, melalui Kabid e-Goverment Andri Widodo Mamonto mengungkapkan, pelatihan tanda tangan elektronik tersebut bertujuan untuk mempermudah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam penandatanganan dan pengesahan dimanapun dan kapanpun guna keamanan informasi .

Ia mengatakan, selain pelatihan tanda tangan elektronik, dilakukan pula pelatihan aplikasi e-dokumen. Penggunaan tanda tangan elektronik akan membuat kinerja OPD di lingkup Pemkab Bolmong menjadi lebih ringan dan cepat.

“Dengan begitu para kepala dinas tidak perlu repot lagi harus menandatangani sebuah dokumen secara manual, dalam jumlah besar. Tak hanya itu, proses penandatanganan dokumen bisa dilaksanakan selama 24 jam dari berbagai tempat, tanpa harus terus-menerus berada di kantor. Pengoperasian cukup mudah karena terhubung personal komputer atau handphone,” jelasnya.

Selain itu, salah satu verifikator Dinas Kominfo Andrian Masta, mengatakan tanda tangan digital juga bisa mencegah terjadinya tindakan pemalsuan.

“Melalui aplikasi VeryDS yang dibuat Balai Sertifikat Elektronik, akan mengidentifikasi dan mengetahui apakah tanda tangan tersebut asli atau bukan,” tambah Andrian. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top