Berita Bolmong

Realisasi Pajak Kendaraan di Bolmong Turun

Realisasi Pajak Kendaraan di Bolmong Turun Berita Bolmong
Lody Nelwan
Kroniktotabuan.com

BOLMONG – Di tengah pandemi Covid-19, penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) di Samsat Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menurun.

“Realisasi penerimaan PKB dan BBNKB alami penurunan cukup signifikan,” ujar Lody Nelwan, Kepala Seksi Pelayanan PKB dan BBNKB Samsat Bolmong, Selasa (13/10/2020).

Kendati tidak merinci angka penurunan pajak tersebut, ia menyebut dari periode Januari hingga September 2020,  penerimaan PKB dan BBNKB hanya mencapai 60 persen dari target Rp28 miliar yang ditetapkan.

“Tahun lalu kita capai target dari penetapan Rp22 miliar,”ucap Lody.

Lody mengaku ada penambahan target pendapatan sebesar Rp6 miliar tahun ini. Namun sayangnya masih terhalang dengan adanya pandemi Covid-19.

“Harusnya kita di awal Oktober seperti ini sudah capai target, meskipun target tahun ini bertambah” katanya.

Penurunan penerimaan PKB dan BBNKB menurutnya, disebabkan kondisi pandemi Covid 19 yang mempengaruhi kemampuan masyarakat dalam membayar pajak kendaraannya, serta daya beli masyarakat yang menurun.

“Kemampuan masyarakat membayar pajak kendaraan berkurang, di Maret sampai Juli ada penghapusan denda PKB dan BBNKB tapi daya beli masyarakat yang menurun tetap jadi sebab utama penurunan pada BBNKB,” katanya.

Dengan kondisi pandemi saat ini pihaknya akan memaksimalkan dan memanfaatkan waktu yang tersisa seperti melakukan labeling serta melalukan door to door ke masyarakat.

“Kita menurunkan pegawai dan THL setiap hari untuk melaksanakan labeling bayar pajak serta razia pajak kendaraan, ini penting agar target pendapatan bisa capai,” pungkasnya. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top