Berita Bolmong

RS Datoe Binangkang Pertama di BMR yang Miliki Alat Cuci Darah

RS Datoe Binangkang Pertama di BMR yang Miliki Alat Cuci Darah Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) tak henti-hentinya berupaya meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan.

Kini, Pemkab Bolmong telah memenuhi kebutuhan alat cuci darah atau hemodialisis. 5 unit alat sudah tersedia di Rumah Sakit (RS) Datoe Binangkang. 

Senin (9/3/2020), tim Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) yang diketua Prof. DR.Dr. Emma Sy. Moeis, Sp.PD, KGH, Finasim cabang Sulawesi Utara yang didampingi Dr. Stella Palar, Sp.PD, KGH, Finasim, Dr. Octavianus Umboh,Sp.PD, berkunjung ke RS Datoe Binangkang memeriksa alat cuci darah tersebut.

Tim disambut Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, jajaran Dinas Kesehatan dan RS Datoe Binangkang.

RS Datoe Binangkang saat ini merupakan RS pertama di Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang memiliki alat hemodialisis.

RS Datoe Binangkang Pertama di BMR yang Miliki Alat Cuci Darah Berita Bolmong

Dengan adanya alat tersebut, Bupati Yasti ingin pasien tidak lagi bolak balik ke Manado untuk cuci darag.

“Apapun dan berapapun anggaran yang diperlukan akan disiapkan demi pelayanan masyarakat. Saya sebagai bupati sudah berhitung matang,” kata Bupati Yasti.

Yasti menambahkan, tim PERNEFRI

datang melakukan pemeriksaan peralatan dan ruangan. Menurut Bupati, nantinya ruangan untuk cuci darah akan ditambah lagi. Selain itu kesiapan sumber daya manusia, nantinya akan diikutkan dalam pelatihan.

RS Datoe Binangkang Pertama di BMR yang Miliki Alat Cuci Darah Berita Bolmong

“Kunjungan sekaligus penilaian ini merupakan langkah awal nantinya ada kunjungan kedua lagi. Soal SDM ada dua tahap bagi para dokter dan perawat untuk diikutkan dalam pelatihan. SDM memang tetap akan disiapkan,” ujarnya.

Ketua PERNEFRI Cabang Sulut Prof. DR.Dr. Emma Sy. Moeis, Sp.PD, KGH, Finasim menjelaskan, kunjungan mereka ke RS Datoe Binangkang untuk melihat kesiapan peralatan yang disiapkan.

Dia memberikan apresiasi kepada Pemkab Bolmong karena mampu menyiapkan peralatan untuk pelayanan pasien ginjal kronik.

“Memang perlu dilakukan untuk bisa menampung pasien yang ada di Bolmong Raya,” ungkapnya.

Menurutnya dengan kesiapan alat tersebut, sudah layak dibuka namun perlu untuk penyiapan sumber daya manusia.

“Perlu disiapkan SDM dulu. Baik dokter dalam, dokter umum dan perawat,”

Dia menjelaskan, tindkaan Hemodialisis salah satu tindakan akhir ginjal stadium lima. Sehingga perlunya SDM yang memiliki keahlian khusus.

RS Datoe Binangkang Pertama di BMR yang Miliki Alat Cuci Darah Berita Bolmong

Direktur RSDU Datoe Binangkan Dr Debby Kullo berharap dengan disiapkannya alat cuci di RSU Datoe Binangkang akan memperluas jangkauan dan mempermudah pelayanan cuci darah bagi warga di BMR.

Ia terus memberikan semangat kepada jajaran rumah sakit terkait  peningkatan layanan agar masyarakat semakin merasakan manfaat pelayanan kesehatan dan berobat yang prima sesuai status akreditasi bintang empat madya yang disandang RSU Datoe Binangkang. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top