Berita Bolmong

Rumah Ibadah di Bolmong Mulai Dibuka Kembali, Ini Syaratnya!

Rumah Ibadah di Bolmong Mulai Dibuka Kembali, Ini Syaratnya! Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG- Menuju tatanan kehidupan baru atau new normal, seluruh rumah ibadah di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) kembali dibuka.

Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Muchtar Bonde mengungkapkan, itu seduai Surat Edaran (SE) Meneteri Agama (Menag) Nomor 15 Tntang Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di rumah Ibadah.

“Semua sudah dibuka, saat ini kita sudah membuat tim bersama para penyuluh agama baik Islam, Kristen, Hindu maupun Budha untuk melakukan pemantauan apakah kegiatan keagamaan di rumah ibadah tersebut sudah menerapkan standar protokol kesehatan atau belum. Kalaupun ada yang tak menerapkan maka tim yang kita bentuk bekerjasama dengan tim gugus tugas Covid-19 di desa maupun kecamatan akan berkoordinasi kembali dengan para pengurus masjid agar segera menerapkannya,” ujarnya ditemui di ruang kerjanya, Rabu (1/7/2020).

Selain itu, jika terdapat dalam suatu desa atau kelurahan masih ada yang dibyatakan positif Covid-19, maka pihaknya tak menyarankan dan merekomendasikan untuk melakukan kegiatan agama di rumah ibadah tersebut.

“Untuk pembagian zona seperti itu bukan wewenangnya kita, melainkan Dinas Kesehatan. Saya sudah koordinasikan ini ke Kadis Kesehatan, kesimpulanya jika masih ada desa yang masuk zona merah, maka rumah ibadah di desa tersebut tidak kita rekomendasikan untuk dibuka, mengingat takut kembali munculnya klaster baru,” terangnya.

Saat ini pun, kata dia, pihaknya tengah mengagendakan gerakan bagi-bagi masker gratis di seuruh rumah ibadah yang tersebar di Bolmong.

“Hal itu dilakukan karena beberapa hari lalu saya mendapati di salah satu masjid, ada jamaah yang tak memakai masker saat menjalankan kegiatan ibadah di masjid. Saya juga sudah menginstruksikan satuan kerja kita di beberapa wilayah untuk segera menyiapkan masker dan dibagikan secara gratis di setiap rumah ibadah, baik masjid, gereja maupun pura,” jelas dia.

Baca Juga :  Hendak Hadiri Rapat, Dua ASN Bolmong Tewas karena Lakalantas di Inuai

Lanjutnya, dalam waktu dekat piahknya juga akan mensosialisasikan terkait penanganan Covid-19 di wilayah Dumoga karena akan diadakan ibadah Saraswati dan perayaan hari raya umat Hindu.

“Saya sudah perintahkan kepada pihak penyelenggara umat Hindu agar meamstikan setiap orang yang masuk pura memakai masker,” tandasnya. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top