Berita Bolmong

Rumah Ibadah di Desa Zona Merah Belum Bisa Dibuka

Rumah Ibadah di Desa Zona Merah Belum Bisa Dibuka Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG- Desa dan kelurahan yang terdapat warganya positif Covid-19, belum bisa menggelar kegiatan keagaaman di rumah ibadah.

Asisten I Setda Bolmong Deker Rompas, Rabu (24/6/2020), ditemui di kantornya menegaskan itu.

“Desa atau kelurahan yang bisa melakukan kegiatan keagamaan di tempat ibadah adalah yang belum memiliki warga yang terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Deker.
Jika ada desa yang ditetapkan aman dari virus ini namun ke depan memiliki pasien terkonfirmasi Covid-19, maka peribadatan di rumah ibadah akan kembali dialihkan di rumah.

Dia menjelaskan, pembukaan semua rumah ibadah harus melalui verifikasi sebagaimana surat edaran Menteri Agama terkait pelaksanaan kegiatan keagamaan di tempat ibadah.

Pihaknya telah melakukan rapat lintas instansi dan lembaga keagamaan untuk menindaklanjuti surat edaran tersebut.

“Nantinya akan ada surat edaran dari bupati dan verifikasi tempat ibadah yang memenuhi 11 indikator sesuai surat edaran Menteri Agama,” kata dia.

Terpisah, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Bolmong, Rukman Korompot menjelaskan, proses verifikasi akan dilakukan setelah surat edaran pelaksanaan kegiatan keagamaan di tempat ibadah oleh Bupati Bolmong telah disampaikan di 15 kecamatan.

“Tinggak menunggu surat edaran dari bupati terkait pelaksanaan kegiatan keagamaan di tempat ibada. Selanjutnya turun melakukan verifikasi di tempat ibadah. Yang kita verifikasi adalah penerapan protokol kesehatan di setiap tempat ibadah. Jika memenuhi indikator, maka bisa dilakukan kegiatan keagamaan di tempat ibadah itu,” pungkasnya. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top