.
Berita Bolmong

Sambut Ramadhan, Umat Muslim Bersih-bersih Masjid dan Dirikan Posko

Sambut Ramadhan, Umat Muslim Bersih-bersih Masjid dan Dirikan Posko Berita Bolmong Berita Daerah
Ilustrasi
Kroniktotabuan.com

BOLMONG – Umat muslim di Kabupaten Bolaang Mongondow mulai mempersiapkan penyambutan bulan Ramdhan tahun ini untuk menjalankan ibadah puasa.

Berdasarkan kalender tahun masehi, bulan Ramdhan akan jatuh pada pertengahan Mei, atau setelah bulan Sya’ban dalam kalender tahun Hijriyah. Meski demikian, pengumuman resmi dari pemerintah melalui sidang isbat, tetap menjadi rujukan.

Sidang isbat (secara harfiah isbat berarti penyungguhan, penetapan, dan penentuan), sidang penetapan dalil syar’i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi.

Geliat menyambut bulan Ramadhan dapat terlihat dari aktifitas warga dalam membersihkan masjid untuk pelaksanaan shalat wajib dan shalat sunah tarwih selama bulan puasa. Selain itu, anak muda muslim mendirikan posko ramadhan. Tak ketinggalan pasar ramadhan menjual beraneka macam kue untuk buka puasa.

Kepala Desa Tanoyan Selatan, Urip Detu mengatakan, dalam mempersiapkan penyambutan bulan puasa, seluruh masyarakat melaksanakan kerja bakti dan bersih-bersih. “Seluruh masyarakat di desa bekerja bakti dan membersihkan masjid,” kata Urip.

Selain itu, untuk posko Ramadhan, setiap tahun didirikan saat bulan Ramadhan. “Pada setiap posko ramadhan nanti, pemuda dan pemudi di desa akan mengadakan baca tadarus alquran. Itu berlangsung selama ramadhan,” ujar Urip.

Tak hanya itu, pemuda juga melaksanakan program pukul beduk bangunkan saur. “Mereka juga akan melaksanakan pukul beduk saur dengan mengelilingi rumah warga dari lorong ke lorong sehingga warga sangat terbantu dengan kegiatan pemuda seperti ini,” tandas Urip. (ahr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top