.
Berita Bolmong

Satu Tahun 16 Warga Bolmong Terinfeksi HIV-AIDS, Dua Meninggal

Satu Tahun 16 Warga Bolmong Terinfeksi HIV-AIDS, Dua Meninggal Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mencatat satu tahun terakhir ada 16 warga terinfeksi HIV- AIDS dan dua di antaranya meninggal dunia.

Kepala Dinkes melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Wiyono mengatakan, data tersebut dimoninasi oleh ibu rumah tangga dan warga yang bekerja di luar dan kembali ke Bolmong.

“Adapun jumlah penderita AIDS ini lebih didominasi ibu rumah tangga dengan rata-rata usia produktif dan disusul para pekerja Bolmong yang dari luar daerah,” ungkap Wiyono, Kamis (4/4/2019), di kantornya.

Wiyono mengatakan, sebagian data penderita HIV AIDS didapat setelah dilakukan screaning yaitu pemeriksaan kesehatan terhadap 73 kelompok.

“Kita screaning anggota masyarakat, kemudian ditemukan para penderita. Kemudian kita lakukan proses pengobatan dibawah pengawasan Dinkes,” ujar Wiyono.

Menurut dia, penyebaran virus HIV/AIDS saat ini sudah menyebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Bolmong.

“Kita tetap awasi dan kontrol melalui pusat kesehatan terdekat,” ucapnya.

Dia mengatakan, untuk menekan angka penderita HIV/AIDS ini, Dinkes Bolmong terus melakukan pencegahan dengan rutin melalukan screaning pemeriksaan darah terhadap pasien manapun dan melakukan sosialisasi.

“Kami terus gencar berupaya terus menurunkan angka penderita HIV/AIDS, melakukan pencegahan dengan rutin dengan mendatangkan para medis Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan terhadap warga kemudian melakukan penanganan secara cepat” katanya.

Kepada masyarakat, ia meminta, tidak mengucilkan para penderita HIV/AIDS.

“Banyak sekali persepsi masyarakat yang salah dan percaya kalau hanya sekadar berjabat tangan bisa menular. Persepsi seperti itu yang mesti kita ubah,” pungkasnya. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top
loading...